Air Tajin dan berbagai manfaatnya bagi tubuh

Dagelan – Air tajin merupakan air yang diperoleh dari rebusan beras, yang berwarna putih seperti susu dan memiliki banyak nutrisi. Banyak orang tua memanfaatkan air tajin untuk memberikannya pada bayi.

Air tajin ini memiliki rasa yang gurih dan beberapa orang biasanya menambahkan gula jawa agar tajin memiliki rasa yang manis dan gurih. Banyak orang mengkonsumsi air tajin hanya sebatas karena rasanya yang gurih saja, tanpa mengetahui manfaat air tajin itu sendiri.

Air tajin bisa diperoleh baik dari beras biasa maupun dari beras merah. Namun keduanya tetap memiliki khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut khasiat air tajin bagi tubuh :

1. Meningkatkan kesehatan kulit wajah

Air tajin dipercaya dapat melembutkan dan mencerahkan kulit wajah. Caranya dengan memanfaatkannya sebagai masker. Dengan menambahkan sedikit madu pada tajin, kemudian menggunakannya sebagai masker, air tajin dapat membuat wajah menjadi bersih dan halus. Apabila ingin mendapatkan kulit yang sehat dan putih dengan masker tajin, akan lebih efektif apabila menggunakan air tajin yang diperoleh dari rebusan beras merah.

2. Mencerahkan bibir

Untuk mendapatkan bibir yang lebih cerah bisa dilakukan dengan cara mengoleskan air tajin pada bibir secara rutin.

3. Mengurangi obesitas

Air tajin yang berasal dari beras merah memiliki kandungan yang rendah kalori dan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Karena kandungan yang rendah kalori, maka air tajin beras merah dapat menurunkan berat badan secara berkala dan mencegah terjadinya obesitas.

4. Mengobati Infeksi Viral

Mengkonsum air tajin dapat mengobati penyakit yang disebabkan karena terjadinya infeksi virus. Selain itu, air tajin juga dapat mengobati demam. Apabila menderita demam, air tajin dapat dikonsumsi sebagai salah satu minuman yang dapat mengembalikan nutrisi yang hilang.

5. Mencegah timbulnya penyakit kanker

Mengkonsumsi air tajin secara rutin bisa jadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, sari beras yang terkandung di dalam tajin bermanfaat untuk mencegah munculnya sel kanker dalam organ tubuh.

6. Meningkatkan energi

Kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam tajin ini sangat diperlukan sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh. Mengkonsumsi air tajin untuk menambah energi ini aman karena terbuat dari bahan alami dan tidak terkontaminasi oleh zat kimia seperti minuman penambah energi lainnya yang dijual dipasaran.

7. Mengatasi penyakit panas dalam

Panas dalam dapat diatasi dengan mengkonsumsi air tajin secara rutin. Salah satu penyakit yang ditimbulkan oleh panas dalam yakni sariawan. Apabila menderita sariawan, harus segera diobati agar tidak timbul masalah kesehatan lainnya. mengkonsumsi air tajin secara rutin dipercaya dapat meringankan sariawan.

Itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari air tajin. Tak ada salahnya kita mencoba secara rutin mengkonsumsinya untuk mendapatkan berbagai manfaat dari air tajin tersebut.

author
No Response

Leave a reply "Air Tajin dan berbagai manfaatnya bagi tubuh"