Amerika pastikan lolos ke Semifinal Copa America

SEATTLE, WA - JUNE 16: Clint Dempsey #8 of the United States reacts after scoring a goal against Ecuador during the 2016 Quarterfinal - Copa America Centenario match at CenturyLink Field on June 16, 2016 in Seattle, Washington. (Photo by Otto Greule Jr/Getty Images)

Dagelan – Tuan rumah Amerika Serikat berhasil melangkah ke semi-final Copa America Centenario 2016 setelah menang 2-1 atas Ekuador di CenturyLink Field pada Kamis (16/6/2016) atau Jumat pagi WIB. Gol tim Amerika Serikat dicetak oleh Clint Dempsey (22’) dan Gyasi Zardes (65’), sedangkan gol Ekuador diciptakan oleh Michael Arroyo (74’).

Laga yang digelar berjalan cukup panas, karena pada pertengahan laga diwarnai 2 kartu merah dengan dikeluarkannya Antonio Valencia dari kubu Ekuador serta Jermaine Jones dari kubu AS. Antonio Valencia mendapatkan kartu kuning kedua setelah melanggar Alejandro Bedoya. Kejadian itulah yang menimbulkan keributan antar pemain dari kedua kubu. Jermaine Jones yang terpancing emosinya lantas terlihat menampar Arroyo. Tak pelak, dia lantas mendapatkan kartu merah langsung dari wasit.

AS yang didukung penuh publik CenturyLink Field sempat mengalami kesulitan menembus rapatnya pertahanan Ekuador. Kondisi berubah ketika memasuki menit ke-22. Bobby Shou Wood yang memenangi perebutan bola di garis depan mengoper kepada Jones. Dengan umpan silang yang terukur, Jones lantas memberikan bola ke Dempsey dan bisa diselesaikan dengan baik lewat tandukan kepala.

Laga berjalan kian panas ketika masuk menit ke-52 saat wasit mengusir Antonio Valencia dan Jermaine Jones. Berkurangnya satu penggawa di masing-masing kubu, hanya membuat serangan menjadi intens. Memasuki menit ke-65, Dempsey menerima umpan sundulan Zardes, kemudian Dempsey mengoper balik bola kepada sang rekan hingga bola bisa diceploskan ke gawang lawan dari jarak dekat.

Namun pada menit ke-74, Ekuador mampu memberi gol balasan dari tendangan bebas. Dari sisi kanan, Walter Ayovi selaku eksekutor memberikan umpan mendatar yang disambar tendangan deras Michael Arroyo mampu menaklukkan kiper Brad Guzan. Namun skor 2-1 untuk Amerika ini bertahan hingga pertandingan berakhir.

Di semifinal nanti, Amerika Serikat akan ditantang pemenang dari laga antara Argentina dan Venezuela yang baru akan digelar pada Sabtu (18/6/2016) atau Minggu pagi WIB.

Amerika : 1-Brad Guzan, 20-Geoff Cameron, 5-Matt Besler, 6-John Brooks, 13-Jermain Jones, 4-Michael Bradley, 23-Fabian Johnson, 11-Alejandro Bedoya (Graham Zusi 81′), 8-Clint Dempsey (Kyle Beckerman 74′), 7-Wood, 9-Gyasi Zardes

Pelatih : Juergen Klinsmann

Ekuador : 22-Alexander Dominguez, 10-Walter Ayovi, 4-Juan Paredes (Javier Ayovi 82′), 3-Fricso Erazo, 2-Arturo Mina, 16-Antonio Valencia, 6-Christian Noboa (Fernando Gaibor 62′), 11-Michael Arroyo, 18-Carlos Gruezo (Cristian Ramirez 72′), 7- Jefferson Montero, 13-Enner Valencia

Pelatih : Gustavo Quinteros

Wasit : Wilmar Roldan

 

 

author
No Response

Leave a reply "Amerika pastikan lolos ke Semifinal Copa America"