Australia berencana terapkan teknologi face recognition di bandara

1

Dagelan – Australian Departement of Immigration and Border Protection (ADIBP) mencanangkan penerapan sistem identifikasi baru bagi para pendatang yang akan masuk wilayah teritori Australia. ADIBP nantinya akan menggunakan teknologi pengenalan wajah (face recognition) dan pemindai sidik jari (fingerprint) di dalam menjalankan otoritasnya.

Hal ini dilakukan guna mengurangi kebutuhan akan Paspor. Semua pengunjung yang akan mendatangi Australia nantinya tak perlu lagi menunjukkan paspor ke petugas imigrasi di bandara.

Seperti yang dikutip dari The Telegraph, Selasa (24/1/2017), pemerintah Australia berencana menggunakan teknologi tersebut bagi para pengunjung yang ingin melewati Bandara Australia. Teknologi baru ini diklaim akan lebih canggih ketimbang sistem yang sudah diterapkan di bandara Australia sekarang.

Pemerintah Australia sendiri berencana untuk memulai uji coba perdana sistem ini di bandara Canberra pada Juli 2017. Nantinya teknologi ini akan diperkenalkan di bandara Sydney dan Melbourne pada November, serta seluruh bandara di Australia pada Maret 2019. Sistem ini rencananya akan mulai diterapkan pada 2020.

Australian Departement of Immigration and Border Proctection sendiri juga belum mengetahui cara kerja sistem ini. Namun, sistem ini memang sengaja dirancang untuk menawarkan solusi inovatif bagi pengunjung untuk melakukan proses keimigrasian secara mandiri.

Head of Border Security di Australian Strategic Policy Institute menuturkan dengan sistem ini pengunjung tak perlu lagi kerepotan mengurus masalah imigrasi. Berbekal teknologi biometrik, sistem yang disebut-sebut pertama di dunia ini, memungkinkan pengunjung beraktivitas seperti di bandara domestik, yang tak membutuhkan prosedur keimigrasian.

Teknologi biometrik yang digunakan juga nantinya berisi data seputar pengunjung tersebut, seperti informasi tiket, riwayat perjalanan, dan rekaman kriminal. Dengan demikian, sistem dapat mengenali pengunjung yang dianggap berbahaya maupun pengunjung biasa.

 

author
No Response

Leave a reply "Australia berencana terapkan teknologi face recognition di bandara"