Barca berhasil Pertahankan Gelar Copa del Rey 2016

barca-juara copa del Rey

Dagelan –  Laga final Copa del Rey antara Barcelona VS Sevilla yang berlangsung di Vicente Calderon, kandang Atletico Madrid pada Minggu (22/5/2016)berlangsung dramatis. Akhirnya laga final tersebut berhasil dimenangkan Barcelona dengan skor 2-0 atas juara bertahan Liga Europa 2016 Sevilla.

Dua gol yang tercipta pada laga tersebut diciptakan oleh Jordi Alba pada menit ( 97) dan Neymar pada menit (120+3) atas dua assistnya Lionel Messi.

Hasil tersebut sekaligus mengulang prestasi musim lalu saat Barcelona sukses meraih gelar Copa del Rey maupun La Liga. Total, Barcelona telah 28 kali menjuarai Copa de Rey yang merupakan rekor terbanyak di Spanyol.

Jalannya pertandingan

Jalannya pertandingan berlangsung sangat ketat sejak pertandingan dimulai. Kedua tim tampil dengan barisan skuat terbaik, mengingat laga ini merupakan pertandingan pamungkas musim 2015-2016.

Kesempatan pertama dalam pertandingan ini didapat Luis Suarez pada menit ke-11. Namun, tendangan voli Suarez masih menyamping dari sasaran.

Sevilla mencoba membalas serangan Barcelona. Pada menit ke-19, tembakan Coke hampir membuka keunggulan. Sayangnya, bola juga melebar dari gawang Stegen.

Naas bagi Barcelona, pertandingan memasuki menit ke-36, Blaugrana  terpaksa bermain dengan sepuluh pemain setelah Javier Mascherano diusir wasit. Pemain asal Argentina itu dianggap melanggar Kevin Gameiro yang bebas tinggal berhadapan dengan  Stegen.

Pelanggaran tersebut berujung tendangan bebas untuk Sevilla. Namun, peluang tembakan Ever Banega masih mampu dihentikan Ter Stegen dengan baik. Hingga babak pertama berakhir skor masih kaca mata  tanpa tercipta gol.

Memasuki babak kedua dengan 10 pemain, pelatih Luis Enrique melakukan rotasi pemain demi menjaga keseimbangan tim akibat kartu merah Mascherano. Ivan Rakitic ditarik keluar dan digantikan Jeremy Mathieu untuk mengisi posisi Mascherano  berduet dengan Gerard Pique.

Pada menit ke-57, Suarez ditarik keluar karena mengalami cedera lantaran kakinya salah berpijak ke tanah. Barcelona pun kembali mengubah komposisi permainan dengan memasukkan Rafinha yang berperan sebagai gelandang serang untuk menopang duet Messi dan Neymar.

Bermain dengan 10 pemain ternyata tidak terlalu banyak memengaruhi permainan Barcelona. Messi dan kawan-kawan masih menguasai jalannya pertandingan.

Memasuki menit ke-90+2, Sevilla kehilangan salah satu pemainnya. Banega yang juga berasal dari Argentina seperti halnya Mascherano, dianggap melanggar Neymar di dekat kotak penalti. Hingga babak kedua berakhir, skor masih 0-0.

Pada babak perpanjangan waktu, keberuntungan berpihak kepada Barcelona. Setelah tujuh menit laga berjalan, Los Azulgranas mampu membuka keunggulan lebih dahulu.

Messi melepaskan umpan terobosan lambung kepada Alba yang merangsek naik membantu serangan. Alba berlari lebih cepat ketimbang Vitolo dan tinggal berhadapan dengan kiper Sergio Rico. Dengan tenang, bek kiri tim nasional Spanyol itu melepaskan tembakan mendatar yang bersarang di pojok gawang Sevilla.

Untuk menambah kekuatan di lini serangan Sevilla, Unai Emery kemudian memasukkan Fernando Llorente untuk menggantikan Victor Iborra pada menit ke-105. Akan tetapi, para pemain Sevilla gagal mencetak gol penyeimbang. Justru, Sevilla harus kehilangan satu pemain setelah Daniel Carrico menerima kartu kuning kedua pada menit ke-121.

Selang semenit kemudian, Barca menutup kemenangan melalui gol yang diciptakan Neymar usai menerima umpan dari Messi. Pertandingan pun berakhir dengan kemenangan Barca  2-0, sekaligus memupus harapan Sevilla meraih gelar Copa del Rey musim ini.

Susunan pemain

Barcelona : Marc-Andre ter Stegen, Dani Alves, Gerard Pique, Javier Mascherano, Jordi Alba (Sergi Roberto 120), Ivan Rakitic (Jeremy Mathieu 46), Sergio Busquets, Andres Iniesta, Lionel Messi, Luis Suarez (Rafinha 57), Neymar

Sevilla : Sergio Rico, Mariano (Yevhen Konoplyanka 80), Adil Rami, Daniel Carrico, Sergio Escudero, Ever Banega, Vicente Iborra (Fernando Llorente 105), Grzegorz Krycowiak, Vitolo, Kevin Gameiro, Vitolo.

 

author
No Response

Leave a reply "Barca berhasil Pertahankan Gelar Copa del Rey 2016"