beberapa manfaat yodium bagi tubuh

No comment 284 views

1

Dagelan – Yodium merupakan salah satu jenis mineral yang sangat penting bagi kesehatan dan perkembangan sel-sel dalam tubuh. Yodium bisa ditemukan pada unsur-unsur makanan seperti produk susu, rumput laut, makanan laut, roti, telur, beberapa sayuran dan garam beryodium.

Tubuh memang sangat membutuhkan yodium dalam asupan sehari-hari. Apabila anda kekurangan yodium maka bisa memicu datangnya penyakit seperti gondok. Maka dari itu kita perlu tahu manfaat dari yodium itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari yodium bagi tubuh :

  1. Menjaga fungsi kelenjar tiroid

Fungsi paling utama dan paling penting bagi kesehatan tubuh ialah menjaga kesehatan dan fungsi dari kelenjar tiroid yang ada di dalam tubuh. Kelenjar tiroid merupakan salah satu kelenjar yang terletak pada bagian leher di bawah laring (larynx) atau rongga pernapasan. Kelenjar ini ternyata memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh kita. Adapun manfaat kelenjar tiroid bagi kesehatan tubuh :

  • Mengatur kecepatan pembakaran energi yang masuk ke tubuh
  • Memproduksi manfaat protein untuk tubuh
  • Mengatur dan menghasilkan pembentukan hormone tubuh.
  1. Mencegah gondok

Gondok merupakan penyakit yang memiliki gejala yang berupa pembengkakan pada kelenjar tiroid. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, kelenjar tiroid fungsinya sangat tergantung oleh asupan manfaat yodium dalam makanan. Apabila tidak tercukupi asupan yodiumnya, maka kelenjar tiroid ini akan mengalami pembengkakan dan menyebabkan penyakit gondok.

Biasanya penyakit gondok ditandai dengan munculnya benjolan yang besar pada daerah leher. Memang penyakit ini tidaklah berbahaya, namun tetap saja jenis penyakit ini akan sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

  1. Mencegah keterbelakangan mental

Yodium memiliki peranan dan fungsi yang sangat penting terhadap perkembangan mental dan kecerdasan seseorang. Maka dari itu, hingga saat ini, para produsen garam dapur wajib memasukkan yodium ke dalam garam hasil produksi mereka. Manfaat yodium diketahui dapat membantu perkembangan dari mental dan kecerdasan seseorang. Kekurangan asupan yodium dapat menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami keterbelakangan mental.

Biasanya, penderita keterbelakangan mental memiliki ciri : Nilai IQ yang rendah, Kesulitan bersosialisasi dan beraktivitas secara normal, serta Memiliki bentuk tubuh dan kepala yang mengalami kelainan

  1. Perawatan Kulit yang Mengalami Penyakit karena Jamur

Apabila anda memiliki gangguan pada kulit yang disebabkan oleh penyebaran dan infeksi dari jamur, maka yodium dapat menjadi perawatan yang tepat bagi kulit anda. Berikut ini adalah beberapa contoh gangguan dan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur : eksim, Kudis, Kurap, Kuti air, dan Kusta/lepra. Konsumsi yodium mampu untuk membantu proses perawatan yang dilakukan oleh anda secara teratur.

  1. Pembunuh Kuman pada Luka Luar

Ketika tubuh anda, terutama tubuh bagian luar mengalami luka, anda pasti akan merasa khawatir apakah anda akan mengalami infeksi berkepanjangan atau tidak. Biasanya setelah mengalami luka karena terjatuh, terparut atau teriris, anda akan langsung membersihkan luka tersebut dengan air bersih yang mengalir.

Namun, daripada repot mencari air, anda dapat langsung menutulkan sejumput garam, pada bagian tubuh anda yang mengalami luka. Hal ini akan membunuh kuman yang menempel pada luka anda secara cepat dan instant, sehingga anda tidak perlu khawatir akan mengalami infeksi.

  1. Mencegah penyakit pada mata

Manfaat yodium juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata anda. Beberapa penelitian secara medis menerangkan bahwa kandungan yodium, serta asupan yodium ke dalam tubuh secara tepat dan teratur dapat menghindarkan anda dari resiko mengalami penyakit pada mata. Beberapa jenis penyakit mata yang dapat dicegah kerena kekurangan yodium antara lain : Rabun ayam, Katarak, Rabun dekat dan rabun jauh, Mata silindris, dan penglihatan mata yang sudah menurun.

  1. Menjernihkan Air Minum

Saat ini mineral yodium juga dimanfaatkan sebagai bahan campuran yang ada pada penjernih air minum. Beberapa kondisi menyebabkan air minum yang disuplai ke rumah-rumah memiki kondisi kotor dan berwarna tidak jernih. Yodium bersama dengan bahan-bahan lain dapat membantu menjernihkan air yang keruh dan berwaran tersebut.

 

 

author
No Response

Leave a reply "beberapa manfaat yodium bagi tubuh"