Bila si kecil terkena demam

No comment 731 views

Dagelan – Semua bayi pasti pernah mengalami yang namanya demam. Kondisi ini memang umum terjadi pada si buah hati. Ketika anak demam, sang Ibu pasti akan berusaha dengan berbagai cara agar demam buah hatinya bisa segera turun.

Sebenarnya demam bukanlah sebuah penyakit tetapi hal tersebut merupakan sebuah gejala. Demam terjadi ketika sistem kekebalan tubuh sedang berperang melawan infeksi. Dalam istilah medis, seseorang disebut menderita demam jika suhu tubuhnya mencapai 37,5 derajat Celcius atau lebih.

Cara yang paling cepat, tepat, dan mudah untuk mengetahui apakah anak Anda sedang demam adalah dengan memeriksa suhu tubuhnya. Pemeriksaan suhu tubuh dilakukan dengan memakai termometer. Jangan bergantung pada rabaan tangan untuk mengukur demam. Suhu anak bisa saja lebih tinggi dari yang diperkirakan.

Namun bila anak telah terlanjur terserang demam, maka kita bisa mengatasinya dengan beberapa tindakan yang bisa kita lakukan sendiri. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengatasi demam pada anak :

  • Pastikan suhu udara ruangan cukup baik. Berikan baju yang tipis agar panas tubuh bisa keluar.
  • Selalu memeriksa suhu tubuh anak secara teratur dengan menggunakan termometer.
  • Buat lingkungan yang senyaman mungkin untuk anak agar dapat beristirahat. Pastikan juga dia mendapatkan istirahat yang cukup. Anak biasanya akan rewel saat sedang mengalami demam.
  • Kompres dengan air biasa atau yang agak dingin.
  • Pastikan anak Anda tidak merasa kedinginan atau kepanasan. Tutup dengan selimut secukupnya.
  • Berikan makanan yang mudah dicerna dan yang disukai anak Anda. Tapi tetap pilih makanan yang menyehatkan tubuh.
  • Berikan obat-obatan sesuai dosis dan aturan pakainya. Tanyakan kepada dokter jika Anda ragu dan jangan menggabungkan obat-obatan tanpa mengetahui kandungan dan aturan pakainya.

Jika langkah-langkah tersebut dilakukan secara benar, niscaya sang anak akan tertangani secara baik sehingga demamnya akan cepat turun.

author
No Response

Leave a reply "Bila si kecil terkena demam"