Buah Naga dan Manfaatnya

No comment 920 views

buah naga

Dagelan – Buah Naga atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Dragon Fruit ini awalnya berasal dari negara Meksiko. Namun saat ini buah tersebut sudah banyak dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Vietnam, Filipina, Malaysia, termasuk juga Indonesia. Tanaman buah yang memiliki nama latin Hylocereus Undatus ini merupakan  golongan kaktus yang tentunya relatif mudah untuk tumbuh dan dikembangkan di negara-negara tropis seperti Indonesia.

Awalnya, tanaman buah naga hanya dijadikan sebagai tanaman hias karena bentuk batangnya segitiga dan berduri pendek, serta memiliki bunga indah berbentuk corong yang hanya akan mekar sempurna pada malam hari saja. Buah ini juga memiliki beberapa varietas, antara lain buah naga dengan kulit merah dan daging putih, buah naga berkulit merah dan daging merah, serta buah naga berkulit kuning dan daging putih. Masing-masing varietas dijual dengan harga yang berbeda-beda pula.

Sama halnya dengan buah-buahan lain, buah naga  juga memiliki banyak kandungan zat dan nutrisi yang memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, seperti air, serat, kalsium, protein, fosfor, vitamin B1, B2, C dan masih banyak lagi. Untuk mencari buah naga pun tak sulit, karena banyak dijual di pasar. Selain rasanya yang enak, buah naga juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Seperti kebanyakan buah dan sayuran lainnya, buah naga pun kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral yang punya banyak manfaat buat kesehatan tubuh. Berikut manfaat buah naga :

  1. Mencegah Kanker

Kita tahu bahwa kanker adalah penyakit berbahaya. Penyakit ini sulit dan mahal pengobatannya. Oleh karena itu kita dapat melakukan pencegahan dengan mengkonsumsi buah ini. Kandungan antioksidan dalam buah naga terbukti mengurangi risiko kanker.

  1. Menurunkan berat badan

Buah naga dikenal dapat menurunkan kadar Kolesterol dalam tubuh sehingga membantu dalam penurunan berat badan. Buah naga rendah kalori dan sangat cocok menjadi pengganti cemilan sehari-hari.

  1. Mengurangi resiko penyakit diabetes

Buah ini mengandung banyak vitamin B3 yang diyakini mampu mengurangi tingkat gula darah. Ketika kadar gula darah dapat dikontrol otomatis resiko diabetes dapat diminimalkan. Bagi mereka yang memiliki diabetes, perbanyaklah mengkonsumsi buah ini sehingga risiko Anda memiliki diabetes semakin kecil.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Karena makan buah naga dapat menurunkan kadar Kolesterol, maka mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Seperti diketahui, jika terlalu banyak Kolesterol di dalam pembuluh darah, dapat menyebabkan gangguan jantung.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Jika Anda ingin menemukan alternatif susu sebagai pemasok utama dari asupan kalsium, Anda bisa mencoba makan buah naga secara teratur. Menurut FAO, kandungan kalsium dan fosfor pada buah naga ini cukup tinggi. Menjaga kekuatan tulang adalah langkah Anda untuk mengurangi risiko osteoporosis dan masalah tulang.

  1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat lainnya dari buah ini adalah betakaroten yang berguna untuk kesehatan mata. Anda dapat mengkonsumsi ini dengan wortel jika Anda sudah mulai bosan dengan menu yang itu-hanya itu. Jika sebelumnya Anda hanya mengkonsumsi jus wortel yang rasanya sedikit aneh, sekarang Anda dapat menggantinya dengan jus buah naga yang sebenarnya lebih sedap daripada jus wortel. Buatlah suatu kebiasaan untuk teratur mengkonsumi buah naga ini sehingga mata dapat lebih sehat.

  1. Meredakan nyeri

Buah naga juga memiliki sifat anti-inflamasi. Selain dapat meningkatkan sirkulasi darah, juga dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada sendi. Buah naga dipercaya dapat mengobati arthritis atau radang sendi.

  1. Menjaga diet

Bagi yang sedang menjalani diet, Anda bisa coba menggunakan asupan gizi buah naga untuk sehari-hari. Buah-buahan ini terkenal kaya serat dan rendah kalori. Anda dapat mengontrol jumlah kalori Anda dengan mudah menggunakan buah naga karena kandungan kalori cukup rendah. Anda juga tidak perlu khawatir tentang lapar karena serat cepat yang dimiliki oleh buah naga sudah cukup untuk membuat Anda kenyang.

Menyehatkan pencernaan

  1. Mencegah penuaan

Manfaat sebenarnya buah naga tidak hanya untuk Kesehatan, tetapi juga untuk kecantikan. Perawatan untuk selalu tampil cantik dan muda memerlukan pendanaan karena itu Anda cukup bisa mencoba menggunakan buah sebagai alternatif. Nutrisi yang dimiliki oleh buah ini diyakini mampu membersihkan kulit, mengencangkan kulit dan mencegah jerawat.

  1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Bila ingin tubuh Anda senantiasa sehat, Selain olahraga dan istirahat yang cukup tentu saja Anda perlu untuk memilih makanan yang baik. Vitamin C, protein, dan kalium dalam buah ini dipercaya mampu menangkal penyakit. Jika Anda adalah orang yang mudah sakit selama pergantian musim, Anda harus mencoba untuk mengkonsumsi buah naga secara teratur.

  1. Menjaga kesehatan gigi

Ketika Anda memiliki masalah gigi, saya sarankan untuk mengkonsumsi buah ini. Cara termudah Anda dapat mengkonsumsi buah ini dengan cara membuat jus. Kandungan kalsium dan fosfor dari buah naga ini cukup tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan gigi.

  1. Untuk kesehatan janin dan wanita hamil

Buah ini mengandung asam folat, beta karoten, vitamin, serat dll yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses perkembangan janin. Selain harga yang cukup terjangkau, manfaat buah naga sangat penting untuk kesehatan janin Anda. Mengkonsumsi buah naga secara teratur adalah langkah pertama untuk pertumbuhan dan kesehatan janin Anda.

Itulah beberapa manfaat buah naga. Sebenarnya masih ada banyak manfaat buah naga karena buah ini dikenal dengan buah seribu manfaat. Beberapa manfaat tentu berasal dari konsumsi secara teratur.

 

 

author
No Response

Leave a reply "Buah Naga dan Manfaatnya"