Cara membersihkan Busi Motor agar lebih awet dan kinerjanya maksimal

1

Dagelan – Busi adalah alat yang dipasang pada mesin yang ujung elektrodenya berada di dalam ruang bakar. Fungsi busi adalah untuk membakar bahan bakar yang telah di kompres atau telah di tekan oleh piston.

Busi akan memercikan listrik yang akan membakar bahan bakar. Busi dihubungkan oleh kabel ke koil pengapian oleh kabel busi. Apa yang bersumber dari busi itulah yang menjadikan mesin bisa hidup serta menyala.

Karena fungsinya yang begitu penting dalam sebuah motor, maka hendaklah kita  merawat busi sebaik mungkin dan menjaga kebersihannya agar tetap awet dan kinerjanya bisa maksimal. Apabila busi kotor dan pada akhirnya bermasalah, maka bisa dipastikan bahwa motor tak akan bisa menyala alias mogok.

Busi yang kotor disebabkan beberapa hal di antaranya karena terkena debu, kotoran maupun kerak yang terjadi akibat umur busi yang sudah tua. Berikut ini ada 4 tips cara membersihkan busi motor agar menjadi lebih awet dan kinerjanya menjadi lebih maksimal.

Jangan Menggosok Kepala Busi dengan Amplas

Pada saat membersihkan busi, kebanyakan orang yang menggunakan cara diamplas. Memang membersihkan kepala busi dengan menggunakan amplas terbilang cara jitu untuk menjadikan mesin kembali menyala sehingga cara seperti ini banyak dilakukan.

Akan tetapi sebenarnya cara membersihkan busi motor menggunakan amplas kurang baik dilakukan, sebab bisa membuat lapisan elektrode serta toraknya menjadi tipis yang akan membuat antara jarak kepala busi dengan elektrodenya menjadi renggang.

Jangan Rendam Busi motor ke dalam bensin atau minyak tanah

Tidak sedikit mekanik atau montir di bengkel sering melakukan cara seperti ini yang bertujuan supaya kotoran yang melekat pada busi bisa cepat terlepas. Sebenarnya cara memebrsihkan busi motor dengan cara seperti ini tidak tepat sebab zat yang ada di dalam bensin ataupun zat yang ada di dalam minyak tanah bisa memicu munculnya kotoran pada busi.

Bersihkan Busi Dengan Sikat Kawat

Cara membersihkan busi motor yang benar ialah dengan memakai sikat kawat yang sudah diberi bensin. Cara membersihkan busi motor menggunakan sikat kawat terbilang cukup memakan waktu serta memerlukan kesabaran.

Akan tetapi cara membersihkan busi menggunakan sikat kawat hasilnya lebih maksimal ketimbang cara lainnya. Tak hanya itu saja, membersihkan busi menggunakan sikat kawat pun bisa menjadikan busi menjadi lebih awet dan kinerjanya jadi lebih maksimal.

Test Pengapian Busi

Jika sudah dibersihkan, lakukanlah tes pengapian busi. Apabila bunga api maupun percikan yang dihasilkan normal yaitu percikannya berwarna biru maka membersihkan busi telah selesai.

Supaya performa mesin motor maksimal, sebaiknya ganti busi setiap 10.000 KM ataupun sesuai dengan kondisi motor. Jangan hanya berfokus mengganti busi saja, ganti pula kabel busi. Sebab kabel yang lama tidak diganti pun bisa mengakibatkan kinerja busi tidak maksimal.

 

author
No Response

Leave a reply "Cara membersihkan Busi Motor agar lebih awet dan kinerjanya maksimal"