Cara Mengatasi touchscreen Smartphone yang bermasalah

cara-mengatasi-masalah-pada-touchscreen

Dagelan – Touchscreen pada smartphone merupakan suatu piranti yang mempunyai fungsi sebagai output (media untuk menampilkan UI) dan sebagai input perintah (memberi masukan apa yang harus dikerjakan). Karena fungsinya yang vital pada android maka pada touchscreen ini pula rawan terhadap kerusakan ataupun terjadinya gangguan sehingga menyebabkan fungsi smartphone menjadi tidak maksimal.

Selain untuk berkomunikasi, penggunaan smartphone pun saat ini sudah semakin berkembang mulai dari bekerja hingga sampai dengan bermain game. Karena banyaknya fungsi tugas yang dijalankannya terkadang membuat smartphone  mengalami kendala di dalam pengoperasiannya. Salah satu kendala yang kerap muncul adalah layar sentuh (touchscreen) ponsel yang sering kurang responsif terhadap sentuhan atau macet.

berikut tips Cara Mengatasi touchscreen Smartphone yang bermasalah :

1. Merestart Perangkat

Me-restart dipercaya dapat mengatasi berbagai permasalahan, bahkan tidak hanya di perangkat Android, di Windows dan iOS pun hal tersebut merupakan jurus terakhir untuk mengatasi permasalahan layar sentuh yang macet.

2. Membebaskan RAM

Salah satu penyebab layar sentuh ponsel sering ‘macet’ adalah RAM yang sudah terlalu terbebani. Jumlah aplikasi dan gim (game) yang terlalu banyak atau kapasitas RAM yang terlalu kecil adalah salah satu alasan kenapa RAM ponsel harus dibebaskan. Ingatlah untuk menghapus aplikasi atau gim yang kamu rasa kurang penting dan sudah tidak dimainkan lagi. Ada baiknya juga untuk menggunakan aplikasi task manager untuk mematikan aplikasi yang sedang berjalan di dalam ponsel.

3. Melakukan Kalibrasi

Hal ini ditujukan untuk menyesuaikan layar sentuh dengan sentuhan yang di sediakan oleh developer perangkat. Berhubung setiap sistem operasi memiliki langkah tersendiri untuk melakukan kalibrasi, bagi kamu yang menggunakan Android bisa menemukan fitur kalibrasi ini di pengaturan.

4. Mengganti Launcher

Pertimbangkanlah untuk mengganti launcher Anda, misalnya dengan memasang Apex Launcher, GO Launcher, atau launcher lain yang menurut Anda menarik.

Dengan tips tersebut, maka touchscreen smartphone anda bisa dioperasikan lagi secara maksimal.

author
No Response

Leave a reply "Cara Mengatasi touchscreen Smartphone yang bermasalah"