Cara Memoles Mobil Sendiri

No comment 1411 views

 

dagelan

Dagelan – Cara memoles mobil yang benar diperlukan bila Anda ingin mobil Anda selalu berkilau cemerlang. Anda tidak perlu untuk datang ke salon mobil bila Anda mampu melakukannya sendiri. Apalagi, prosesnya pun tidak terlalu sulit. Bila Anda ingin memoles mobil Anda, perhatikan hal-hal berikut ini:

Mulailah dengan Mencuci Mobil

Sebelum dipoles, mobil seharusnya dicuci terlebih dahulu karena pemolesan dengan mobil penuh kotoran dan debu akan mempersulit Anda sendiri. Mobil yang dicuci sampai bersih akan membuat body mobil terhindar dari baret atau goresan yang mungkin dikarenakan adanya kerikil pada debu yang menempel. Selalu gunakan shampoo khusus mobil ketika mencuci mobil Anda.

Persiapan Pemolesan

Jika mobil berada di tempa terbuka, pastikan tidak ada kotoran yang jatuh di atas mobil Anda. Untuk menghindari hal tidak diinginkan bai dari debu ataupun kotoran lain, sebaiknya pemolesan dilakukan pada ruangan tertutup seperti garasi dengan cukup penerangan. Waktu yang tepat untuk memoles adalah pagi hari, kira-kira jam 7 atau sore sekitar jam 4. Pemolesan sendiri memakan waktu 2-3 jam, sehingga Anda mesti benar-benar meluangkan waktu atau ketika Anda sedang liburan.

Cara Memoles Mobil yang Benar

Untuk pemolesan, pilihlah salah satu produk oles yang ada di pasar. Tidak ada ukuran obat poles yang berkualitas tinggi atau biasa. Ini relatif. Namun, biasanya, produk yang mahal bisa dikatakan berkualitas.

Pemolesan dimulai dari bagian bawah body, kemudian diteruskan bagian atas, dari bagian depan mobil hingga belakang. Penting bahwa pemolesan harus dilakukan setahap demi setahap. Anda sebaiknya menyelesaikan satu bagian, sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya. Gunakan spons khusus ketika membalur body mobil secara keselurhan dengan cairan pemoles. Cairan poles mengandung cairan kimia yang bisa merusak kulit sehingga Anda tidak menaruh polesan pada permukaan cat mobil menggunakan tangan Anda secara langsung.

Teknik penggosokan pemoles pada mobil sebenarnya tidak ada yang bisa memastikan yang paling benar yang mana, tapi bila kita merujuk pada salon mobil, mereka menggunakan mesin yang menggosok pemoles dengan arah memutar. Teknik ini pun tidak absolut, karena beberapa mesin lain ada yang bergerak kanan kiri ataupun atas-bawah. Anda bisa mempraktekkan salah satu, namun pastikan semau bagain body mobil digosok dengan sempurna.

Setelah seluruh lapisan mobil telah dipoles, tunggu sekitar 3 hingga 5 menit agar cairan pemoles meresap. Lalu, lap permukaan mobil dengan menggunakan kain berbahan microfiber. Bila tidak ada, Anda bisa menggunakan kain katun yang seratnya lembut agar tidak menyebabkan baret pada permukaan cat.

Agar hasil bisa maksimal, polesan harus merata di seluruh bagian lapisan cati body mobil. Untuk perawatan, lakukan pemolesan secara teratur tiap dua bulan sekali sehingga mobil selalu terlihat berkilau. Cat mobil pun bisa tahan lebih lama.

Itulah tadi cara memoles mobil yang benar. Anda hanya perlu mempraktekkannya sendiri dirumah sehingga tidak perlu ke salon mobil.

author
No Response

Leave a reply "Cara Memoles Mobil Sendiri"