Demo Selesai, lalin di Rasuna Said berangsur Normal

lalin kpk

Dagelan – Pasca berakhirnya Aksi unjuk rasa yang ricuh di depan Gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, lalu lintas di jalan raya tersebut kini sudah berangsur normal dan lancar.

Aksi unjuk rasa tersebut berasal dari warga yang mengatasnamakan dari Aliansi Masyarakat Jakarta Utara, yang tiba-tiba datang ke depan markas KPK, berorasi dan kemudian bikin rusuh. Polisi sempat menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa.

Awalnya, aksi demonstrasi massa yang menuntut penuntasan kasus BLBI di depan Gedung KPK pada Jumat (20/5/2016) berlangsung tertib. kemudian, sekitar pukul 15.00 WIB, datang massa lain. Massa yang baru datang ini tadinya berdemonstrasi di depan Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan.

Massa mendemo mendesak agar KPK menangkap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ditangkap, karena diduga terlibat korupsi pembelian sebagian lahan Rumah Sakit Sumber Waras.

Massa yang baru datang tersebut  mempunyai tuntutan yang berbeda. Mereka menuntut KPK menetapkan Ahok jadi tersangka. Selain itu, mereka juga meminta agar DPRD DKI Jakarta menggunakan hak menyatakan pendapat terhadap berbagai kebijakan gubernur. Termasuk soal reklamasi, penggusuran Kalijodo, pasar Ikan dan Kampung Akuarium yang tidak mengedepankan kemanusiaan.

Entah bagaimana awalnya, kemudian aksi demonstrasi menjadi ricuh. Massa melemparkan bendera, beserta tongkatnya, ke dalam gedung KPK. Beberapa petugas polisi yang menjaga gedung terlihat terkena lemparan.

Polisi lalu merespons dengan menembakkan air dari mobil Water Cannon yang sudah sejak pagi terparkir di KPK. Usai ditembak air, massa malah tambah beringas. Batu dan berbagai benda yang ada di jalan dilempar ke arah polisi.

Massa pun kemudian lari berhamburan menghindari gas air mata. Namun, mereka tak menyerah, tetap melakukan perlawan dengan melempar berbagai benda yang ada.

Akibat kericuhan tersebut, lalu lintas di Jl Rasuna Said, di dua arah ditutup total oleh polisi. Namun setelah demo selesai, lalu lintas di ruas jalan tersebut berangsur kembali normal dan lancar.

author
No Response

Leave a reply "Demo Selesai, lalin di Rasuna Said berangsur Normal"