Drama Penalti iringi Kemenangan Portugal ke Semifinal Euro 2016

quaresma

Dagelan – Drama penalti mengiringi kemenangan portugal atas Polandia pada laga perempat final Piala Eropa 2016 yang digelar di Stade Velodrome, Marseille, Kamis (30/6/2016) atau Jumat dini hari WIB. Dalam babak adu penalti, Portugal menang 5-4 atas Polandia. Dengan kemenangan ini Portugal berhak melangkah ke babak Semifinal.

Tampil dengan kekuatan terbaiknya, Polandia dan Portugal langsung mencoba menekan lawannya masing-masing. Polandia dan Portugal silih berganti melancarkan serangan demi mencari gol pembuka.

Pertandingan baru berjalan 1 menit 40 detik, Striker Polandia yang merupakan bintang Bayern Muenchen, Robert Lewandowski, mampu mencatatkan namanya di papan skor dengan tendangan kerasnya setelah menerima umpan silang Kamil Grosicki.

Gol cepat Lewandowki ini tercatat sebagai gol tercepat di ajang Euro 2016 dan sebagai gal tercepat kedua dalam sejarah Piala Eropa. Gol tercepat pertama pada event tempat tahunan ini masih menjadi milik Dmitri Kirichenko (Rusia) yang terjadi pada Piala Eropa 2004 saat laga baru berusia 1 menit 7 detik.

Skor 1-0 untuk Polandia membuat Portugal berusaha bangkit dari ketertinggalan. Cristiano Ronaldo dan Luis Nani yang berada di lini depan terus melancarkan serangan terhadap pertahanan Polandia.

Upaya tersebut membuahkan hasil saat laga memasuki menit ke-33. Berawal dari operan Nani, Renato Sanches melepaskan tembakan keras yang gagal diantisipasi kiper Lukasz Fabianski.

Dengan gol ini, membuat Sanches berstatus sebagai pemain termuda yang bisa mencetak gol pada fase gugur dengan usia 18 tahun 316 hari. Gol Sanches membuat pertandingan babak pertama berakhir dengan skor imbang 1-1.

Memasuki babak kedua tim kian intens melancarkan serangan. Beberapa peluang bagus didapatkan kedua kesebelasan, namun tak ada satu pun yang bisa dimaksimalkan menjadi gol. Setelah selama 90 menit skor masih tetap imbang 1-1, dan pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Pada babak tambahan selama 30 menit, kedua tim terlihat mulai mengendurkan serangan. Laga ketat selama 90 menit sepertinya membuat para pemain mulai kelelahan. Alhasil, skor imbang 1-1 tetap bertahan hingga babak tambahan usai hingga laga harus berlanjut ke babak adu penalti untuk menentukan tim yang berhak lolos ke semifinal.

Dalam drama adu penalti ini, seluruh eksukutor Portugal mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangan Cristiano Ronaldo, Sanches, Joao Moutinho, Nani, Ricardo Quaresma tak mampu ditepis kiper Polandia, Lukasz Fabianski.

Sementara itu pemain Polandia yang mampu mencetak gol adalah Robert Lewandowski, Arkadiusz Milik, Kamil Glik. Adapun eksekutor ke empat, Jakub Blaszczykowski tak mampu mengoyak jala Portugal karena tendangannya berhasil ditepis kiper Rui Patricio. Ini membuat penendang kelima Polandia tak perlu melakukan tugasnya karena takkan mempengaruhi hasil akhir.

Dengan kemenangan ini, Portugal menjadi tim pertama yang berhasil lolos ke semifinal Piala Eropa 2016. Pada babak itu Seleccao akan menunggu pemenang laga antara Wales versus Belgia, yang akan berlangsung pada Jumat (1/7) malam waktu setempat atau Sabtu dini hari WIB.

Polandia: 22-Lukasz Fabianski, 2-Michal Pazdan, 15-Kamil Glik, 3-Artur Jedrzejczyk, 20-Lukasz Piszczek, 5-Krzysztof Maczynski (6-Tomas Jodlowiec 98′), 10-Grzegorz Krychowiak, 11-Kamil Grosicki (21-Bartosz Kapustka 82′), 16-Jakub Blaszczykowski, 7-Arkadiusz Milik, 9-Robert Lewandowski.

Pelatih: Adam Nawaka

Portugal: 1-Rui Patricio, 4-Jose Fonte, 3-Pepe, 14-William Carvalho (13-Danilo 96′), 19-Eliseu, 21-Cedric Soares, 16-Renato Sanches, 10-Joao Mario (20-Ricardo Quaresma 80′), 23-Adrien Silva (8-Joao Moutinho 74′), 7-Cristiano Ronaldo, 17-Nani.

Pelatih: Fernando Santos

Wasit: Felix Brych

 

author
No Response

Leave a reply "Drama Penalti iringi Kemenangan Portugal ke Semifinal Euro 2016"