Efek Samping Kurma bila dikonsumsi berlebihan

kurma

Dagelan – Kurma adalah buah yang sangat tidak asing bagi Masyarakat Indonesia. Hampir di semua daerah di Indonesia dapat dijumpai buah ini. Apalagi untuk orang yang beragama islam, buah kurma ini sudah menjadi makanan pokok yang harus ada setiap bulan Ramadhan atau saat berpuasa. Ada beberapa ayat dari Al Qur’an dan beberapa hadist yang menyebutkan tentang manfaat buah kurma ini.

Buah kurma adalah buah yang berasal dari pohon palem yang merupakan keluarga Arecaceae dari genus phoenix. Nama ilmiah dari buah ini adalah dactylifera phoenix. Buah ini dipercaya pertama kali ditemukan di sekitar tepi sungai Nil dan daerah Efrat. Saat ini, buah kurma sudah dibudidayakan di daerah-daerah yang mempunyai iklim hangat, seperti di benua Afrika, Australia dan benua Amerika.

Buah ini mempunyai banyak kandungan nutrisi yang penting dan bermanfaat untuk tubuh. Akan tetapi apabila kita berlebihan dalam mengkonsumsinya, tentunya akan membawa dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut beberapa efek samping kurma apabila dikonsumsi secara berlebihan :

1. Memicu terjadinya Penyakit jantung

Tingginya kadar gula dalam kurma juga berpotensi besar menimbulkan sejumlah penyakit menyeramkan. Beberapa di antaranya sebut saja diabetes tipe-2, penyakit jantung, bahkan obesitas.

2. naiknya berat badan

Kalori yang tersemat dalam kurma cukup tinggi. Sebut saja pada kurma Medjool. Menurut sejumlah ahli, kurma jenis tersebut memiliki 111 kalori meskipun dalam porsi kecil. Jika dikonsumsi secara berlebihan, akan terjadi penumpukan kalori yang pada akhirnya berujung pada kenaikan berat badan.

3. Memicu terjadinya diare

Rasa manis kurma berasal dari fruktosa yang merupakan gula alami. Nah, bagi orang yang kesulitan mencerna gula, terlalu banyak mengonsumsi kurma dapat memicu sejumlah penyakit seperti sakit perut hingga diare.

4. Menyebabkan masalah pencernaan

Demi kelancaran sistem pencernaan, seseorang memang dianjurkan untuk rutin mengonsumsi makanan kaya serat, salah satunya adalah kurma. Meski demikian, bukan berarti Anda bisa mengkonsumsinya sesuka hati. Perlu Anda tahu, kurma mengandung serat yang cukup tinggi, yang mana bila dikonsumsi secara berlebih bisa menyebabkan masalah pencernaan, seperti kelebihan gas, sembelit, bahkan kembung.

Apabila kita tidak ingin mengalami hal atau efek samping seperti di atas, hendaklah kita mengkonsumsinya dalam jumlah yang sewajarnya saja, jangan berlebih-lebihan.

 

 

author
No Response

Leave a reply "Efek Samping Kurma bila dikonsumsi berlebihan"