Gol Handball Peru Singkirkan Brazil dari Copa America

 

gol handball peru

Dagelan – Sebuah kejutan terjadi pada laga pamungkas Grup B Copa America Centenario 2016. Peru secara dramatis memenangkan laga terakhir Grup B Copa America Centenario lawan Brasil di Gillette Stadium, Massachusetts, Minggu (12/6/2016) waktu setempat atau Senin (13/6/2016) WIB. Tim raksasa Brasil harus pulang lebih awal setelah timnya dikalahkan Peru dengan skor 0-1.

Pertandingan tersebut jadi laga hidup mati bagi kedua tim yang sama-sama mengoleksi empat poin di peringkat dua dan tiga Grup B. Kemenangan akan mengantar salah satu tim jadi juara Grup mendampingi Ekuador lolos ke perempat final yang sebelumnya mengalahkan Haiti 4-0.

Petaka bagi Brasil datang pada menit ke-75, saat pemain pengganti Peru, Raul Ruidiaz mampu melesakkan si kulit bundar ke gawang yang dijaga kiper Alisson Becker. Namun gol tersebut jadi perdebatan. Dalam tayangan ulang, terlihat bola mengenai tangan Ruidiaz sebelum meluncur masuk ke gawang. Wasit Andres Cunha sempat meminta waktu untuk berunding dengan official dan akhirnya dinyatakan sah. Pemain Brasil sontak protes meski keputusan sang pengadil tidak bisa diganggu gugat.

Meski mendapat protes keras dari para pemain Brasil, wasit asal Uruguay tersebut tetap mensahkan gol tersebut. Brasil berusaha untuk membalas, namun semua usaha yang telah dilakukan Philippe Coutinho dkk tidak mampu menembus kokohnya pertahanan Peru.

Hasil ini membuat Brasil harus puas duduk di peringkat ke-3 klasemen akhir Grup B dengan nilai 4. Padahal Tim Samba hanya butuh hasil imbang untuk lolos, menemani Ekuador yang pada pertandingan sebelumnya unggul 4-0 atas Haiti.

Secara permainan, hasil akhir yang diperoleh Brasil sangat menyakitkan. Mereka mampu mendominasi penguasaan bola dengan catatan statistik 65 persen berbanding 35 persen. Total tembakan Tim Samba ada di angka 19, dengan 15 di antaranya tepat sasaran. Kondisi itu berbanding terbalik dengan Peru, yang hanya mampu mengirim 6 tendangan, dengan 4 di antaranya tetap mengarah ke gawang Beckher.

Pada babak perempat final nanti, Peru akan bersua dengan Kolombia pada (17/6/2016). Sementara Ekuador akan melawan tuan rumah, Amerika Serikat (16/6/2016).

 

Susunan pemain

Brasil: 1-Alisson Becker, 3-Miranda, 4-Gil, 6-Filipe Luís, 2-Dani Alves, 10-Lucas Lima, 18-Renato Augusto, 8-Elías, 11-Gabriel (21-Hulk, 72′), 22-Philippe Coutinho, 19-Willian

Pelatih: Dunga (Brasil)

Peru: 1-Pedro Gallese, 2-Alberto Rodríguez, 15-Christian Ramos, 6-Miguel Trauco, 3-Aldo Corzo, 10-Christian Cueva, 5-Adán Balbín (19-Yoshimar Yotún, 46), 16-Óscar Vilchez, 9-Paolo Guerrero, 20-Edison Flores (11-Raul Ruidíaz, 64′), 8-Andy Polo

Pelatih: Ricardo Gareca (Argentina)

 

 

author
No Response

Leave a reply "Gol Handball Peru Singkirkan Brazil dari Copa America"