Indahnya Taman Bunga Tulip Keukenhof Belanda

No comment 3471 views

keukenhof 1

Dagelan – Bagi Anda yang suka travelling ke luar negeri, tidak ada salahnya mendatangi negeri Kincir Angin, Belanda untuk menikmati Taman Tulip terbesar di Eropa yang bernama Keukenhof. Lahan dengan luas sekitar 80 hektar tersebut merupakan Taman Tulip terbaik di Belanda yang keberadaannya tidak jauh dari Kota Amsterdam.

Kawasan pariwisata Keukenhof ini hanya dibuka menjelang akhir bulan Maret hingga pertengahan Mei di musim semi. Setiap tahun, terdapat sekitar 7 juta bunga yang dikembangbiakkan di wilayah tersebut. Meski sebagian besar ditanam Tulip, namun terdapat pula jenis-jenis bunga lainnya yang tumbuh di Keukenhof, seperti Daffodil dan Anggrek.

Taman Bunga Tulip Keukenhof terletak di daerah Lisse, sebuah wilayah yang terletak di antara dua kota besar di Belanda yaitu Amsterdam dan The Hague. Tahun ini taman dibuka pada periode 24 Maret – 16 Mei 2016. Setiap tahunnya ada sekitar empat puluh ahli taman yang merancang dan mengatur tata letak bunga Tulip agar menghadirkan rangkaian bunga yang baru.

Pada akhir musim, mereka akan memetik bunga-bunga tersebut dan kemudian memulai untuk menanam lagi untuk persiapan tahun depannya.

Pada awalnya, Bunga Tulip sendiri merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tengah, salah satunya dari pegunungan Pamir di Kazakhstan. Bunga yang memiliki tinggi antara 10-70 cm ini adalah bunga nasional di Negara Iran dan Turki.

Berkat hasil persilangan, tumbuhan tahunan ini memiliki banyak warna unik yang dapat memanjakan mata. Kembang bernama latin Tulipa ini mampu menghasilkan gradasi warna yang beragam seperti oranye, merah, ungu , biru, bahkan hijau. Jika menelisik sejarah Tulip, bunga ini diperkenalkan ke Belanda pada abad ke enambelas, di mana sebelumnya kekaisaran Ottoman Turki telah membudidayakan tumbuhan tersebut di negaranya.

Karena kecintaan warga Belanda terhadap Tulip, membuat bunga ini dapat tumbuh di belahan bumi lain seperti di Kota New York. Hal ini disebabkan oleh pembudidayaan bunga Tulip yang dilakukan oleh masyarakat Belanda yang tinggal di luar negeri.

Setiap tahunnya selalu ada tema yang berbeda dari Keukenhof, dan tiap tahun ahli taman Keukenhof merangkai tata letak berbagai jenis bunga tulip yang berbeda agar memberikan pengalaman baru bagi para pengunjung yang datang ke taman tersebut.

author
No Response

Leave a reply "Indahnya Taman Bunga Tulip Keukenhof Belanda"