Jantung Pisang dan manfaatnya

No comment 949 views

Jantung pisang

Dagelan – Tanaman pisang adalah jenis tanaman yang semua bagiannya dapat dimanfaatkan dari akar hingga batangnya. Daunnya dapat digunakan sebagai pembungkus makanan dan buahnya dapat dimakan karena kandungan gizinya yang baik untuk kesehatan.

Dari kesemuanya itu ada bagian dari pohon pisang yang tidak kalah bermanfaat bagi kesehatan, yakni jantung pisang. Jantung pisang bisa dibuat sebagai menu masakan sehari-hari untuk sayur dan aneka masakan lainnya.

Mungkin hanya segelintir orang yang mengetahui menu masakan tersebut. Biasanya sayur jantung pisang hanya dikenal di kalangan masyarakat pedesaan sehingga jarang sekali ditemui di wilayah perkotaan. Jantung pisang memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Disamping itu jantung pisang juga bermanfaat untuk ibu hamil.

Berikut beberapa Manfaat Sayur Jantung Pisang Untuk Ibu Hamil

1. Memperlancar sistem pencernaan.

Hal ini disebabkan karena jantung pisang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Selain itu, kandungan nutrisi pada jantung pisang diantaranya yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin C, magnesium, kalsium, posfor dan mineral penting lainnya yang berguna untuk kesehatan.

2. Mengatasi gejala morning sickness

Pada tahap awal kehamilan, biasanya ibu hamil mengalami gejala mual dan muntah. Pada umumnya orang-orang menyebutnya sebagai gejala ngidam atau dalam istilah medisnya disebut dengan morning sickness. Untuk mengatasi hal tersebut, ibu hamil bisa mengkonsumsi sayur jantung pisang. Hal ini karena jantung pisang memiliki kandungan magnesium yang bisa meredakan gejala tersebut.

3. Mencegah anemia dan diabetes.

Penyakit anemia dan diabetes adalah gangguan kesehatan yang sering terjadi pada ibu hamil. Dalam hal ini jantung pisang sangat efektif untuk mengatasi gangguan tersebut. Kandungan zat besi dan serat pada jantung pisang berguna untuk membantu pembentukan hemoglobin. Selain itu, kandungan nutrisi di dalam jantung pisang memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

4. Menyembuhkan luka pasca persalinan

Manfaat jantung pisang untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu untuk membantu menyembuhkan luka setelah persalinan. Hal ini karena jantung pisang memiliki kandungan etanol dengan kadar rendah sehingga sangat efektif untuk membantu mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi bakteri pathogen.

5. Meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI

Sama halnya dengan daun katuk, jantung pisang juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan dan memperlancar produktivitas ASI. Pada dasarnya konsumsi sayuran sangat dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui.

6. Memperbaiki mood ibu hamil

Meningkatnya hormon kehamilan biasanya berdampak terhadap suasana hati ibu hamil. Perasaan ibu lebih sensitif dan gelisah tanpa alasan. Untuk mengatasi hal tersebut, konsumsilah sayur jantung pisang secara teratur. Kandungan magnesium pada jantung pisang terbukti ampuh dalam mengembalikan mood ibu hamil.

 

 

 

author
No Response

Leave a reply "Jantung Pisang dan manfaatnya"