Jelajah Mamuju Utara

1 comment 3812 views

JELAJAH MAMUJU UTARA

Dagelan Family-  Kali ini Kami terbang ke Pulau Sulawesi,  dan tujuan kami menjelajah Kabupaten Mamuju Uatara yang berada di Sulawesi barat. Ibu kota kabupaten ini terletak di Pasangkayu. Kabupaten Mamuju Utara merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Mamuju yang terletak 719 km ke sebelah utara dari Makassar, ibukota provinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten Mamuju utara merupakan kabupaten baru dan kabupaten paling unik, kenapa karna masyarakat nya terdiri dari 14 suku di Indonesia.  Setiba di Palu kami melanjutkan dengan jalan darat selama 2 jam menuju Pasangkayu.

DSCN1303

Di pasangkayu kami berkesempatan di ajak bertemu Pak Bupati mamuju utara , Ir.H.Agus Ambo Djiwa, seorang putra daerah yang sejak kecil bercita cita memnangun daerah nya. setelah menceritakan tujuan kami kepada Pak Agus, kami pun di berikan masukan rute perjalanan agar tidak membuang waktu, maklum wilayah nya sangat luas.

Dagelan

Tak lama istirahat dan makan siang, di pandu Oleh Pak Abdu seorang kepala dinas bagian social dan budaya di kabupaten mamuju, kami langsung menuju tempat wisata pantai yg masih sangat perawan “ Batu Oge” Terletak di Kecamatan Pedongga berjarak ± 15 km dari kota Pasangkayu, Objek Wisata Pantai Batu Oge memiliki hamparan pasir yang cukup bersih pada saat air laut surut, lebar pantai dapat mencapai 100 meter, sementara panlang pantai mencapai ribuan meter. Hal ini menyebabkan pantai Batu Oge cukup baik digunakan untuk kegiatan wisata pantai seperti bersepeda pantai dan semacamnya. Sementara pada bentang alam laut sangat baik untuk berlayar maupun memancing karena diperairan ini terdapat batu karang yang menjadi habitat ikan-ikan laut.Pantai Batu Oge dapat dicapai melalui jalan pengerasan sepanjang ± 2 km dari jalan poros trans Sulawesi, melalui perkampungan nelayan yang pada umumnya dihuni oleh orang-orang Kaili , selepas perkampungan nelayan tersebut hamparang pasir yang bersih dan laut biru sudah terlihat diantara pohon-pohon kelapa yang berjajar disepanjang pantai.

dagelan

Hijauan hutan-hutan perdu dan tegakan pohon yang rindang membuat desiran angin terasa begitu sejuk, perasaan pun terasa damai ketika kita mencoba melepas lelah dibawah pohon-pohon rindang sambil menikmati bentang alam laut yang biru.Pohon-pohon rindang disepanjang pantai yang menjadi pembatas antara bibir pantai dengan jalur hijau dan kebun-kebun penduduk setempat, member niulai tambah bagi daya tarik pantai Batu Oge. Apalagi ruang-ruang terbuka yang berbukit dan cukup luas dapat menjadi tempat-tempat untuk pondok wisata maupun tempat parkir serta tempat anak-anak bermain, bahkan ruang terbuka itu dapat menjadi tempat untuk perkemahan.

dagelan

Ruang terbuka hijau di kawasan Pantai Batu Oge memungkinkan kawasan ini dapat dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata pantai yang menarik di Kabupaten Mamuju Utara, ini disebabkan rimbunan flora pohon menciptakan keteduhan dan kesejukan angin laut di kawasan pantai memungkinkan pengunjung dapat menikmati keindahan dan suasana pantai yang damai., Objek wisata Pantai Batu Oge mengalami banyak perubahan di bidang pengembangan sarana kepariwisataan antara lain didirikannya beberapa gazebo disekitar areal wisata. Hal ini dilakukan karena objek Wisata Pantai Batu Oge merupakan Destinasi unggulan pariwisata di Kabupaten Mamuju Utara.

dagelan

Dari Pantai Batu Oge kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Cinoki Terletak dipesisir pantai selat Makassar, Pantai Cinoki Sarudu memiliki daya Tarik tersendiri, Potensial digunakan sebagai objek berwisata. Salah satu objek wisata unggulan Di Kabupaten Mamuju Utara ini memiliki pantai yang eksotik, hamparan pasir putih dan rimbunan pohon kelapa yang membentang di sepanjang pantai menambah elok keindahan di pantai cinoki

.IMG_9459

Berjarak + 500 m dari jalan Poros Trans Sulawesi, 2 km dari kota kecamatan dan + dan 75 km dari ibukota Kabupaten, dengan akses jalan yang beraspal sangat mudah di jangkau dengan kendaraan mobil dan motor. Pantai Cinoki memiliki keunikan tersendiri, Karena di sekitar areal objek wisata terdapat kuburan tua yang konon berusia ribuan tahun.

IMG_9473

Pantai Cinoki merupakan jenis pantai sekunder atau pantai erosi. Gelombang yang terbentuk oleh kerja gelombang, pantai ini dapat memiliki garis pantai yang lurus atau beraturan tergantung pada kompisisi dan struktur batuan, jenis pantai seperti ini sangat cocok dikembangkan untuk jadi tempat tujuan wisata karena memiliki lebar panjang pantai yang sangat ideal.

Dagelan

Ruang terbuka hijau di kawasan pantai Cinoki, memungkinkan kawasan ini di kembangkan menjadi destinasi wisata pantai yang menarik di kabupaten Mamuju Utara ini meciptakan keteduhan dan kesejukan angina laut di kawasan pantai , memungkinkan pengunjung dapat menikmati keindahan dan suasana pantai yang damai.Dagelan

Sebagai salah satu Destinasi unggulan Pariwisata di Kabupaten Mamuju Utara, Pantai Cinoki di Prioritaskan Menjadi tempat tujuan berwisata baik wisatawan local maupun wisatawan mancanegara ini di buktikan dengan pembangunan sejumlah sarana wisata antara lain, Pembangunan gazebo, jalan rabat beton, dan gerbang menuju tempat wisata. Hari mulai sore kamimun kembali menuju hotel di kota pasang kayu dan beristirahat. “BERSAMBUNG

dagelan

author
One Response
  1. author

    Febia2 years ago

    Assalamualaikum.. ini cerita ttg mamuju utara ada kelanjutannya ga ya? Blh dshare kalo ada kelanjutannya.. terima kasih sebelumnya..
    Cerita2 ttg perjalanan kota2 di indonesia sangat menginspirasi.. lanjutkaaaannn..😊😊🙌🙌

    Reply

Leave a reply "Jelajah Mamuju Utara"