Juara bertahan Eropa menang tipis atas Ceko

spain-v-czech-republic

Dagelan – Juara bertahan piala Eropa 2012 Spanyol berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 atas Ceko pada laga pertama Grup D Piala Eropa 2016, Senin  (13/6/2016) malam WIB. Hasil itu membuat La Furia Roja, julukan Spanyol mampu memperpanjang catatan tak kebobolan alias cleen sheet di putaran final Piala Eropa. Gol tunggal kemenangan La Furia Roja, julukan Spanyol, tercipta pada menit ke-87 lewat aksi Gerard Pique. Gol ini juga menjadi yang pertama dibukukan bek Barcelona itu pada turnamen resmi bersama tim nasional Spanyol.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadium Municipal, Toulouse, Spanyol turun dengan skuad terbaiknya. Andres Iniesta, Cesc Fabregas, dan Sergio Busquets menjadi pengatur serangan di lini tengah. Sementara itu, Alvaro Morata, Nolito, serta David Silva menghuni sektor serang.

Meski bermain dengan kekuatan penuh, Spanyol kerepotan membongkar pertahanan Ceko. Gol yang dinanti-nanti baru tercipta tiga menit jelang waktu normal berakhir. Spanyol tampil sangat mendominasi permainan. Mereka memiliki 67 persen penguasaan bola dan 17 peluang dengan lima di antaranya tepat sasaran. Jumlah itu sangat timpang apabila dengan Ceko yang hanya melepaskan tujuh tembakan.

Penampilan cemerlang dari Petr Cech di bawah mistar gawang Ceko menggagalkan sejumlah peluang emas Spanyol. Baru pada menit ke-87, umpan terukur Andres Iniesta dari sisi kiri berhasil dikonversikan Gerard Pique menjadi sebuah gol melalui sundulan. Sampai pertandingan usai, kemenangan 1-0 untuk Spanyol tetap bertahan.

Selain memetik poin penuh, hasil ini membuat gawang tim Matador tidak kebobolan selama 600 menit di Piala Eropa. Terakhir kali gawang Spanyol kebobolan terjadi saat bermain imbang 1-1 melawan Italia, dalam laga Grup C Piala Eropa 2012. Tak hanya itu, Spanyol juga belum pernah menelan kekalahan dalam 13 laga terakhir putaran final Piala Eropa. Spanyol terakhir kali takluk di turnamen antar negara Eropa tersebut terjadi saat bersua Portugal pada Piala Eropa 2004 dengan skor 0-1.

Dengan hasil positif ini untuk sementara Spanyol berada di peringkat dua Grup D dengan nilai tiga. Sementara itu, Ceko menempati dasar grup tanpa memiliki satu poin pun. Pada laga kedua fase grup D Piala Eropa 2016 berikutnya, Spanyol akan menghadapi Turki di Allianz Riviera, Nice, Sabtu (18/6/2016) dini hari WIB. Sedangkan Ceska akan meladeni perlawanan Kroasia di Stade Geoffroy-Guichard, Jumat (17/6/2016) malam WIB.

 

Skuad Tim

Spanyol: 13-David De Gea; 15-Sergio Ramos, 3-Gerard Pique, 18-Jordi Alba, 16-Juanfran; 5-Sergio Busquets, 6-Andres Iniesta, 10-Cesc Fabregas (14-Thiago Alcantara 70′); 7-Alvaro Morata (20-Aritz Aduriz 62′), 22-Nolito (11-Pedro Rodriguez 82′), 21-David Silva

Pelatih: Vicente Del Bosque

Ceko: 1-Petr Cech; 5-Roman Hubnik, 6-Tomas Sivok, 8-David Limbersky, 2-Pavel Kaderabek; 10-Tomas Rosicky (15-David Pavelka 89′), 13-Jaroslav Plasil, 22-Vladimir Darida, 19-Ladislav Krejci, 4-Theodor Gebre Selassie (18-Josef Sural 86′); 7-Tomas Necid (21-David Lafata 75′)

Pelatih: Pavel Vrba

 

author
No Response

Leave a reply "Juara bertahan Eropa menang tipis atas Ceko"