Kalahkan Bolivia, Argentina Puncaki Klasemen Grup D

lavezzi goal celebration

Dagelan – Tim Tango berhasil meraih kemenangan telak 3-0 melawan Bolivia pada pertandingan terakhir Grup D Copa America Centenario yang berlangsung di Century Link Field, Seattle, Rabu (15/6/2016). Hasil ini membuat Argentina memuncaki klasemen dengan raihan 9 poin sekaligus masuk ke babak perempat final dengan status sebagai juara grup D.

Kemenangan ini membawa Lionel Messi dkk melangkah ke babak perempat final. Albiceleste menyapu bersih kemenangan pada tiga laga, sedangkan Bolivia berada di posisi paling bawah klasemen dengan nilai nol.

Timnas Argentina turun dengan skema 4-3-3 pada pertandingan ini. Di lini serang, pelatih Gerardo Martino menurunkan trio Gonzalo Higuain, Ezequiel Lavezzi, dan Sergio Aguero. Sementara itu, Bolivia bermain dengan formasi 5-4-1 dan mengandalkan Juan Arce sebagai bomber tunggal.

Sejak pertandingan dimulai, Argentina terlihat mendominasi jalannya laga dengan penguasaan bola 82 persen. Tim asuhan Gerardo Martino juga unggul telak dalam hal peluang. Sepanjang 90 menit, mereka tercatat melepaskan 10 tembakan, sedangkan Bolivia hanya diberi kesempatan dua kali menendang. Seluruh gol Argentina dalam laga ini tercipta pada babak pertama.

Dominasi permainan mutlak menjadi milik Argentina pada babak pertama. Nyaris sepanjang 45 menit, Albiceleste mendikte dan mengurung pertahanan Bolivia. Kecepatan trisula Gonzalo Higuain, Ezequiel Lavezzi, dan Sergio Aguero menjadi andalan Argentina dalam membongkar pertahanan Bolivia.

Memasuki menit ke-13,  Argentina berhasil membuka keunggulan. Tembakan bebas Erik Lamela membentur pagar betis Bolivia. Bola berubah arah dan kiper Carlos Lampe terlanjur bergerak ke arah yang salah. Kedudukan pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Argentina.

Dua menit kemudian, giliran Ezequiel Lavezzi yang menambah keunggulan Argentina. Tandukan Gonzalo Higuain coba dipotong oleh kiper Carlos Lampe. Bola jatuh di kaki Lavezzi dan dengan tenang dia melesakkannya ke gawang Bolivia.

Gol ketiga Argentina baru tercipta pada menit ke-32. Tembakan Sergio Aguero mampu ditepis Lampe. Bola jatuh ke kaki Lavezzi. Kemudian Lavezzi mengirim umpan silang datar dan berhasil dikonversi menjadi gol oleh Victor Cuesta. Skor pun berubah menjadi 3-0 untuk Argentina dan bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Pelatih Gerardo Martino mengganti Gonzalo Higuain dengan Lionel Messi. Unggul tiga gol pada babak pertama, Argentina tetap tampil menyerang pada babak kedua. Albiceleste nyaris mencetak gol ketiga pada menit ke-54. Namun, tembakan voli Biglia mampu ditepis Lampe dengan menggunakan satu tangan.

Pada menit ke-60, Messi nyaris mencetak gol melalui tendangan bebas. Namun, sepakannya masih menyamping tipis di sisi gawang Bolivia.

Sementara itu situasi laga masih belum berubah secara signifikan. Argentina masih sangat mendominasi jalannya pertandingan. Meski begitu, pertahanan Bolivia kali ini bermain lebih baik ketimbang di babak pertama. Tusukan-tusukan yang dilakukan Argentina sanggup dimentahkan oleh lini belakang Bolivia. Kondisi ini terus berlangsung hingga babak kedua berakhir, dan skor pun tidak berubah masih tetap 3-0 untuk Argentina.

Pada babak perempat final nanti, Argentina akan berhadapan dengan Venezuela, yang merupakan runner-up dari Grup C. Laga tersebut akan digelar di Gillette Stadium, Foxborough, pada Minggu (19/6/2016) pukul 06.00 WIB.

Susunan Pemain:

Argentina : 1-Sergio Romero; 3-Facundo Roncaglia, 17-Nicolas Otamendi (2-Jonathan Maidana 75′), 15-Victor Cuesta, 13-Ramiro Funes Mori; 19-Ever Banega (6-Lucas Biglia 46′), 5-Matias Kranevitter, 18-Erik Lamela; 22-Ezequiel Lavezzi, 9-Gonzalo Higuain (10-Lionel Messi 46′), 11-Sergio Aguero

Pelatih: Gerardo Martino

Bolivia : 1-Carlos Lampe; 5-Nelson Cabrera, 22-Edward Zenteno, 3-Luis Gutierrez; 10-Jhasmani Campos, 15-Pedro Azogue, 8-Martin Smedberg-Dalence (19-Carmelo Algaranaz 85′), 13-Alejandro Melean, 2-Erwin Saavedra; 9-Yasmani Duk (4-Diego Bejarano 24′), 7-Juan Arce (16-Cristhian Machado 46′)

Pelatih: Julio Baldivieso

Wasit : Victor Carrillo (Peru)

 

 

author
No Response

Leave a reply "Kalahkan Bolivia, Argentina Puncaki Klasemen Grup D"