Kalahkan Malaysia, Tontowi/Liliyana Raih Medali Emas

1

Dagelan – Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sukses mencatatkan sejarah baru bulutangkis Indonesia. Keduanya berhasil merebut medali emas di Olimpiade Rio 2016 usai mengalahkan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, Malaysia, 21-14, 21-12. Hasil ini sekaligus menjadi kado spesial di hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71. Tontowi/Liliyana tampil luar biasa di partai puncak Olimpiade Rio 2016 ini.

Keduanya tampil menyerang sejak awal pertandingan dimulai. Tontowi/Liliyana tak memberikan kesempatan kepada Chan/Goh untuk mengembangkan permainan. Mereka terlihat mendominasi pertandingan. Pukulan ganda campuran nomor tiga dunia itu selalu sulit dikembalikan lawan. Mereka juga tampil tenang dan tak terburu-buru untuk mendapatkan poin.

Sementara itu pasangan Malaysia terlihat justru kehilangan beberapa poin di awal gim pertama akibat kesalahan sendiri. Hingga interval, pasangan Indonesia unggul jauh dengan skor 11-4. Chan bisa dibilang menjadi titik lemah Malaysia. Pemain berusia 28 tahun itu kerap melakukan kesalahan yang tidak perlu. Sementara Goh sebenarnya tampil bagus namun kadang bermain terburu-buru untuk menyerang. Poin demi poin didapat pasangan Indonesia hingga menutup gim pertama dengan skor 21-14.

Memasuki gim kedua, penampilan Tontowi/Liliyana semakin agresif. Mereka terus menekan pasangan Chan/Goh hingga tak mampu mengembangkan permainan. Pada awal gim kedua, Tontowi/Liliyana mampu unggul 6-3. Tertinggal cukup jauh membuat Chan/Goh mengubah pola permainan. Keputusan ini berbuah manis, perlahan mereka mampu mengejar ketertinggalan 9-10.

Mencoba untuk bangkit, pasangan Indonesia kembali tampil menekan. Tontowi/Liliyana kembali menjauh dengan skor 16-10 dan membuat mental Chan/Goh pun kian tertekan. Tontowi/Liliyana akhirnya berhasil menutup pertandingan dengan skor 21-12.

“Saya dan Owi kayak belum percaya bisa juara. Tapi kami sangat bersyukur. Kami berterima kasih buat keluarga, pelatih dan seluruh masyarakat Indonesia yang mendoakan. Akhirnya kami bisa mempersembahkan emas untuk Indonesia,” ungkap Liliyana.

“Ini merupakan kado terindah dari Tuhan. Kado ini saya persembahkan untuk Indonesia bertepatan dengan hari kemerdekaan. Kami bersyukur kepada Tuhan. Terima kasih untuk istri, anak, keluarga, pelatih dan semuanya yang mendukung selama ini,” kata Tontowi menimpali.

Dengan raihan medali emas dari cabang bulutangkis ini, peringkat Indonesia langsung melesat ke posisi 39 setelah sebelumnya berada di peringkat 52.

 

author
No Response

Leave a reply "Kalahkan Malaysia, Tontowi/Liliyana Raih Medali Emas"