Kandungan Ikan Salmon dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat-Ikan-Salmon

Dagelan – Salmon merupakan ikan dari famili Salmonidae, salah satu jenis ikan berminyak yang hidup di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. Ikan ini didapatkan dengan cara ditangkap di alam liar atau dibudidayakan. Ikan ini dijual dalam bentuk daging ikan segar, beku, maupun dikalengkan. 99 persen salmon atlantik didapatkan dari budidaya, sedangkan 80 persen salmon pasifik didapatkan dari alam liar.

Secara nutrisi, ikan ini mengandung protein dan vitamin yang tinggi. Ikan ini juga mengandung kolesterol dengan kadar yang bervariasi antara 23–214 mg/100 g tergantung spesiesnya. Ikan salmon yang telah dimasak mengandung DHA antara 500–1500 mg dan EPA antara 300–1000 mg per 100 gram sajian.

Selain mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi, ikan salmon juga kaya akan beberapa jenis vitamin, diantaranya vitamin A, D, dan B. Di samping itu, ikan salmon juga memiliki kandungan protein yang berguna dalam perkembangan jaringan otot.

Beberapa mineral penting yang ada dalam ikan salmon adalah kalium, selenium, dan vitamin B-12. Kandungan lain yang dianggap paling berguna dalam ikan salmon adalah asam lemak omega-3. Zat terakhir adalah asam lemak esensial alami dalam salmon, yaitu dalam bentuk asam eikosapentatonik (EPA) dan asam dokosaheksanoik (DHA).

Karena kandungan asam lemak omega 3, vitamin dan mineral yang tinggi, ikan salmon ternyata mempunyai manfaat dan khasiat buat kesehatan tubuh kita, di antaranya :

1. Menjaga Kesehatan Mata

Daging Salmon Vitamin Vitamin A 40 IU Omega-3 asam lemak dan asam amino dapat membantu pertahanan kesehatan mata dan menjaga degenerasi makula, mata pedih dan kelelahan mata.

2. Melindungi tubuh terhadap radikal bebas

Fosfor (29%) 200 mg Daging Salmon banyak mengandung selenium, mineral yang melindungi tubuh menjaga sel akibat kerusakan radikal bebas yang dapat melemahkan Sel-sel ini penyakit.

3. Melindungi Kulit

Kalium (10%) 490 mg Omega-3 asam lemak yang dikenal memiliki anti-inflamasi yang dapat melindungi kulit terhadap kanker matahari dan kulit.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Daging Salmon Lemak 6,34 g terdapat asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi kolesterol jahat dan trigliserida, pertahankan textur lembut pembuluh darah, dan Memperkuat otot jantung.

5. Mencegah Hipertensi

Daging Salmon terdapat Omega-3 asam lemak menjaga mengontrol tekanan denyut jantung dan tekanan darah, Mencegah Hipertensi.

6. Mengurangi Depresi

Asam lemak Omega-3 Berkontribusi terhadap pengurangan depresi dan menjaga suasana hati yang baik.

7. Membantu mengontrol Berat Badan

Konstituen lainnya Air 68.50 g Mempercepat metabolisme, sehingga mengurangi kemungkinan penumpukan lemak tubuh.

8. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Protein 19,84 g Asam lemak omega-3, vitamin D dan selenium ditemukan pada ikan salmon membantu insulin yang mengontrol kadar glukosa darah, sehingga mengurangi risiko diabetes tipe 2.

9. Menyehatkan Otak

Sodium (3%) 44 mg Asam lemak dalam otak yang membantu fungsi otak dan bertindak untuk Mencegah penyakit Alzheimer 3 Omega-. Asam lemak omega-3 membantu Juga Mencegah stroke akibat mengontrol kolesterol darah dan pembuluh darah yang sehat.

10. Melindungi tubuh terhadap Kanker Ginjal

Magnesium (8%) 29 mg Asam lemak membantu melawan karsinoma sel ginjal merupakan bentuk kanker ginjal yang paling umum.

 

 

 

 

author
No Response

Leave a reply "Kandungan Ikan Salmon dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh"