Karbohidrat yang Sehat dan Aman untuk berat badan

Karbohidrat

Dagelan – karbohidrat adalah sumber energi terpenting bagi tubuh kita, terutama ketika tubuh harus melakukan berbagai aktivitas fisik. Selain itu, tubuh juga membutuhkan karbohidrat untuk asupan gizi bagi tubuh kita dan untuk menunjang aktifitas kita sehari-hari.

Namun tidak semua jenis karbohidrat sama. Faktanya, bahkan dalam label makanan, Anda akan melihat  jumlah total karbohidrat dalam makanan kemasan dipecah menjadi beberapa tipe yakni gula dan serat.

Serat bisa didapatkan dari gandum olahan, seperti roti dan beras putih. Mengonsumsi makanan tersebut akan membuat Anda kenyang, kadar Kolesterol lebih rendah, mencegah serangan jantung dan berbagai manfaat lainnya. Tanpa serat, gandum olahan akan menyebabkan naik turunnya gula darah yang justru akan membuat Anda ingin makan lebih banyak.

Banyak orang yang beranggapan sumber karbohidrat utama hanyalah beras. Padahal, ada berbagai sumber karbohidrat lain yang sehat bagi tubuh dan aman untuk menjaga berat badan di antaranya:

1. Pisang

Buah ini memiliki kekuatan luar biasa, seakan menjadi lawan minuman berenergi yang mampu memnuhi kebutuhan energi para olahragawan. Bahkan, pisang denganukuran sedang juga mengandung 3 gram serat dan vitamin B6, zat penting yang dibutuhkan untuk 100 fungsi berbeda pada tubuh.

2. Buah berri

Jenisnya yang beragam mengandung serat, berbagai vitamin dan antioksidan. Blueberri adalah salah satu yang terbaik, karena satu mangkuknya mengandung 84 kalori. Bahkan, mengonsumsi hanya satu mangkok seminggu mampu menangkal penurunan dungsi kognitif yang tak bisa dicegah seiring bertambahnya usia.

3. Kacang-kacangan

Hampir semua jenis kacang mengandung jenis serat yang dibutuhkan oleh jantung dan sedikit gula. Satu ons kacang hitam misalnya, mengandung 7 gram karbohidrat, 2 di antaranya serat. Tentu saja, kacang memiliki manfaat tambahan dengan kandungan proteinnya, Bahkan, sebuah studi menemukan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi kacang-kacangan memiliki berat badan lebih rendah ketimbang mereka yang menghindari kacang-kacangan.

4. Kentang manis atau ubi

Sebenarnya jenis kentang apapun yang dikonsumsi bersamma kulitnya adalah sumber terbaik karbohidrat yang diperkaya dnegan serat. Tapi, ubi memiliki warna cerah sepperti butternut squash, sehingga mengandung karoten. Selain itu juga mengandung vitamin C, protein dan potasium.

5. Butternut squash

Karbohidrat dengan kandungan rendah guula dan tinggi serat. Semangkuk butternut squash matang mengandung hampir 22 gram karbohidrat, lebih dari 6 di antaranya adalah serat. Warna cerah pada butternut squash menandakan adanya kandungan karoten, salahh satu jenis antioksidan yang mampu melawan berbagai penyakit.

6. Popcorn

Ada  kabar baik bagi penggemar popcorn. Camilan ini mengandung gandum. Satu cangkir mengandung 6 gram karbohidrat, 1 di antaranya serat, dan hanya memiliki 31 kalori.

 

 

 

author
No Response

Leave a reply "Karbohidrat yang Sehat dan Aman untuk berat badan"