Keindahan Pantai Ngurtafur di Pulau Warbal Maluku Tenggara

pantai ngurtafur

Dagelan – Provinsi Maluku memang dikenal memiliki banyak pesona keindahan lautnya. Salah satu keindahan yang dimiliki provinsi tersebut adalah Pantai Ngurtafur yang secara geografis lokasinya berada di Pulau Warbal, Kabupaten Maluku Tenggara.

Untuk menuju ke lokasi ini, bila kita menggunakan transportasi udara maka kita bisa langsung menuju ke Tual. Dari bandara di kota Tual, perjalanan bisa dilanjutkan menuju ke Pelabuhan Debut. Dari Pelabuhan Debut, kita bisa langsung menuju ke Pantai Ngurtafur dengan menyewa kapal motor dengan biaya sewa yang berbeda-beda tergantung dari kesepakatan kedua belah pihak.

Biasanya harga sewa sekitar Rp 700.000 hingga Rp 1.000.000 untuk pulang-pergi (PP) dengan kapasitas kapal dapat mengangkut sebanyak lima belas penumpang dengan waktu tempuh sekitar satu setengah jam perjalanan.

Processed with VSCO

Pantai ini memiliki keindahan alam yang sangat eksotis dengan hamparan pasir putihnya yang memanjang sepanjang dua kilometer dari tepi Pulau Warbal ke arah laut dengan lebar kurang lebih sekitar tujuh meter. Hal tersebut seolah-olah menggambarkan terdapat dua pantai di sisi kanan dan kiri ketika kita berdiri di pantai ini.

Tidak hanya itu, air laut di pantai ini pun juga sangatlah jernih. Bahkan kita bisa melihat terumbu karang yang berada di pantai dari atas kapal. Pantai ini pun sangatlah cocok untuk wisatawan yang mempunyai hobby berenang maupun snorkeling.

Di pantai Ngurtafur, kita dapat melihat dan menikmati gerombolan penyu belimbing atau yang oleh masyarakat lokal lebih dikenal dengan nama “Tabob”. Penyu-penyu yang ada disana tergolong langka dan bahkan dilindungi oleh organisasi WWF (World Wide Fund for Nature). Jika kita beruntung, kita juga bisa melihat kawanan burung Pelikan yang sedang bermigrasi dari Australia ke Maluku.

ngurtafur 3

Jika ingin ke pantai nguratfur, maka waktu yang terbaik untuk berkunjung yaitu di bulan April hingga Mei dan juga bulan Oktober hingga Desember. Hal ini disebabkan antara bulan tersebut cuaca tergolong cerah dan ombak yang ada di pantai juga cenderung lebih tenang.  Di samping itu kita juga bisa menikmati berkumpulnya kawanan burung Pelikan yang sedang bermigrasi dari Australia ke Maluku.

 

author
No Response

Leave a reply "Keindahan Pantai Ngurtafur di Pulau Warbal Maluku Tenggara"