“Kenawa” Pulau cantik di Sumbawa Barat

Dagelan Family – Indonesia memiliki beribu-ribu pulau, setiap pulau memiliki keindahan sendiri-sendiri, baik itu pulau yang besar, maupun pulau yang kecil. Salah satu pulau kecil yang ada di indonesia ini adalah Pulau Kenawa. Pulau kecil yang berada di kabupaten sumbawa barat ini sangatlah cantik, tak perlu kendaraan dengan berjalan kakipun anda bisa mengelilingi pulau ini.  Memang belum terlalu banyak dikenal, namun siapa saja yang melihatnya pasti  kagum akan keindahan nya.

Pulau Kenawa

Pulau Kenawa

Pulau Kenawa ini adalah salah satu Pulau Wisata  di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Letaknya tidak jauh dari Pelabuhan Poto Tano Sumbawa Barat, mungkin hanya dengan 15 menit saja kita sudah bisa sampai di pulau ini. Pulau Kenawa adalah satu dari sekitar 8 pulau kecil yang berada tepat dekat dengan pelabuhan penyebrangan Poto Tano, Sumbawa barat, NTB.

Pulau Kenawa

Pulau Kenawa

Perjalanan dari Jakarta menggunakan pesawat menuju  Mataram, Lombok, dari Lombok perjalanan menuju Pulau Kenawa dimulai dengan menempuh perjalanan darat dari Mataram menuju ke Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur yang bisa memakan waktu sekitar 3 jam dengan kendaraan bermotor. Kemudian sampai di Pelabuhan Kayangan, selanjutnya adalah melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal feri menuju Pelabuhan Poto Tano yang berada di Sumbawa Barat dalam waktu tempuh sekitar 1-2 jam.

Kapal feri dari lombok ke sumbawa

Kapal feri dari lombok ke sumbawa

Menggunakan kapal boot dari Pototano menuju Pulau Kenawa.

Menggunakan kapal boot dari Pototano menuju Pulau Kenawa.

Untuk menjangkau Pulau Kenawa Kita harus berjalan beberapa menit dari Pelabuhan Poto Tano menuju ke pelabuhan kecil dekat pemukiman warga yang menuju ke Pulau Kenawa. Dari pelabuhan kecil ini Kita  akan dibawa ke Pulau Kenawa dengan menggunakan kapal nelayan. Untuk menyeberang ke Pulau Kenawa Kita perlu membayar sewa kapal nelayan sebesar 300.000 – 400.000 rupiah untuk perjalanan pulang pergi untuk maksimal 10 orang, sementara jika ingin menggunakan boat, Kita bisa merogoh kocek  lebih banyak lagi.

Dagelan

Saung tempat istirahat

Dagelan

Padang rumput yang indah

Dalam perjalanan menuju Pulau Kenawa kita  bisa menikmati pemandangan memesona gugusan pulau-pulau kecil yang dapat menemani 15 menit perjalanan menuju Pulau Kenawa. Sesampainya di Pulau Kenawa, hal pertama yang menyambut kedatangan kita di pulau ini adalah jernihnya air pantai yang seakan menggoda untuk menyelaminya.Suasana tenang dengan suara angin yang meniup hijaunya padang rumput yang terhampar seluas mata memandang. Beberapa suara pengunjung bersendau gurau menikmati sajian alam yang begitu cantik, sejenak mengingatkan kita akan betapa maha beasr tuhan menciptakan surga di pulau Sumbawa ini.

menikmati sunset dari atas bukit

menikmati sunset dari atas bukit

memandang Gn Rinjani dari Pulau Kenawa

memandang Gn Rinjani dari Pulau Kenawa

Lebih jauh menjelajahi pulau seluas 13,8 hektare ini, kita disuguhkan dengan perpaduan alam perbukitan, hamparan padang savana, serta birunya pantai yang membentang, menjadikan alam Pulau Kenawa begitu indah dan mengesankan. kita  menghabiskan waktunya untuk berenang di pantai, snorkeling, beristirahat sejenak di sejumlah saung, menikmati indahnya  matahri terbenam dari atas bukit.

sunset di pulau kenawa

sunset di pulau kenawa

author
No Response

Leave a reply "“Kenawa” Pulau cantik di Sumbawa Barat"