Khasiat Ginseng Merah untuk Kesehatan

No comment 660 views

ginseng merah

Dagelan – Ginseng merupakan tanaman yang mengandung khasiat dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ginseng diyakini berasal dari pegunungan Manchuria di China, dan telah dimanfaatkan selama ribuan tahun hingga saat ini.

Orang China kuno menyebut ginseng sebagai “Ren Shen” yang berarti akar manusia. Hal ini mengacu kepada bentuk akar ginseng yang mirip dengan bentuk tubuh manusia akar. Orang Cina berangapan bahwa ginseng adalah tanaman yang luar biasa, dan dianggap bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat awet muda.

Manfaat Ginseng memang cukup fenomenal, khususnya di bidang kesehatan maupun kecantikan. Ginseng merah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah impotensi pada pria, karena saponin dan ginsenosida yang terkandung di dalamnya. Kedua senyawa penting ini diperoleh dari akarnya, setelah usia tanaman minimal 6 tahun.

Ginsenosida merupakan senyawa yang berperan dalam mengatur adrenalin dan kinerja kelenjar pituitari. Sedangkan saponin bermanfaat untuk meningkatkan fungsi sel-sel tubuh. Fakta nutrisi inilah yang membuat ginseng merah mampu meningkatkan stamina.

Adapun manfaat ginseng untuk kesehatan tubuh diantaranya :

1. Memulihkan Stamina tubuh

Ginseng merah mengandung saponin yang mempengaruhi kelenjar hipofisia, sehingga kelenjar ini akan membuat cirtex untuk mengeluarkan hormon aldosteron yang berpengaruh pada stamina tubuh.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Ginseng mengandung zat ester dan sterols yang bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah. Jika aliran darah dan oksigen yang menuju jantung tersumbat, akan memicu penyakit jantung.

3. Meningkatkan imunitas tubuh dan syaraf

Sistem kekebalan tubuh yang baik akan menangkal berbagai jenis penyakit yang menyerang tubuh kita. Vitamin C di dalam tanaman ini merupakan anti oksidan alami yang berperan untuk melawan radikal bebas.

4. Meningkatkan daya ingat

Sebuah studi menemukan manfaat ginseng dapat meningkatkan memori otak. Efektivitas tanaman ini sangat bermanfaat bagi penderita demensia atau pikun.

5. Mengobati Diabetes

Senyawa yang terdapat di dalam ginseng dapat menurunkan kadar gula darah. Bahkan, gula tidak sehat akan diubah menjadi gula sehat olehnya. Akar super ini dapat digunakan sebagai obat diabetes.

6. Mengurangi Kelelahan

Sifat adaptogenik yang dimiliki oleh akar ginseng dapat mengubah fisiologis dalam tubuh, sehingga mampu beradaptasi terhadap kelelahan akibat aktivitas berat.

7. Menurunkan kadar kolesterol

Senyawa ginsenocides yang ada di dalam akar ginseng, berperan dalam menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

8. Melancarkan Siklus Menstruasi

Ginseng korea juga bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dari rahim ke organ kewanitaan. Hal ini akan menjaga siklus haid tetap lancar, mencegah terlambat haid dan nyeri ketika haid.

9. Menghambat perkembangan kanker dan tumor

Journal Pengobatan Cina menemukan bahwa ginsenosides yang dimiliki oleh ginseng memiliki sifat anti-tumor, sehingga mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh kanker ovarium, kanker prostat, adenokarsinoma paru-paru dan sel-sel neuroblastoma.

10. Membantu mengobati Anemia

Penyakit kurang darah dapat diobati dengan meningkatkan produksi sel-sel darah merah oleh tubuh. Ginseng korea mengandung zat besi yang berguna dalam pembentukan hemoglobin, ketika bergabung dengan protein di dalam tubuh.

 

author
No Response

Leave a reply "Khasiat Ginseng Merah untuk Kesehatan"