Khasiat madu hitam buat kesehatan

No comment 2459 views

1

Dagelan – Pada umumnya madu berwarna kuning kecokelatan dan rasanya manis. Namun jenis madu yang satu ini memiliki rasa yang pahit, dan memiliki kandungan gula yang sangat rendah apabila dibandingkan dengan madu biasa pada umumnya. Di samping itu, warna madunya terlihat hitam pekat.

Madu hitam pahit sendiri saat ini banyak terdapat di hutan Kalimantan, dimana madu ini diperoleh dari hasil produksi lebah liar dengan mengambilnya dari pohon mahoni. Inilah yang menyebabkan rasa pahit dan juga warna hitam pada madu tersebut, karena diambil dari pohon yang mempunyai buah dengan rasa pahit.

Saat ini, madu ini sudah banyak sekali dijual dalam bentuk kemasan botol, seperti madu pada umumnya dengan berbagai merk. Anda pun bisa memilih di toko obat dan juga apotek, serta beberapa mungkin juga dijual di pasar tradisional.

Sama seperti madu pada umumnya, madu hitam pahit pun memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaat dari madu hitam pahit, di antaranya :

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Madu jenis ini sangat bagus untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah munculnya serangan berbagai macam penyakit, seperti flu, batuk dan juga demam. Selain itu, bagi anak-anak madu hitam pahit pun juga sangat baik untuk melindungi dari berbagai kuman penyebab penyakit ketika bermain di luar rumah.

2. Mengembalikan stamina tubuh

Madu hitam pahit berfungsi untuk mengembalikan stamina stubuh yang telah terkuras setelah beraktivitas seharian. Dengan begitu, tubuh pun akan menjadi kembali menjadi segar dan juga bertenaga untuk meneruskan aktivitas dan tidak mudah merasa lelah lagi.

3. Mempercepat proses penyembuhan berbagai macam penyakit

Madu hitam pahit ini dapat membantu untuk mempercepat penyembuhan penyakit dan juga luka. Dengan kandungan dan manfaat vitamin C yang tinggi, maka madu hitam pahit juga dapat membantu untuk menyembuhkan luka dan juga mempercepat penyembuhan dari berbagai macam penyakit. Minumlah secara teratur, 3 sendok sehari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

4. Menurunkan kadar gula darah dan baik untuk penderita diabetes

Berbeda dengan madu pada umumnya manfaat madu hitam pahit memiliki kandungan gula yang rendah, sehingga madu hitam pahit sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes yang memiliki kadar gula darah tinggi.

Selain itu, madu hitam pahit juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk membantu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. jadi, bagi penderita diabetes, cobalah untuk mengkonsumsi madu hitam pahit ini.

5. Mengobati penyakit maag

Bagi yang memiliki gejala dan juga sakit maag, maka cobalah untuk sering mengkonsumsi madu hitam pahit. Madu hitam pahit mampu untuk membantu meredakan gejala sakit maag, sehingga dapat terhindar dari rasa perih di lambung.

Hal ini juga dapat berakibat ketergantungan terhadap obat maag menjadi berkurang, serta lambung pun akan merasa nyaman ketika akan makan, tanpa takut mengalami maag yang kambuh.

6. Menetralisir asam lambung

Madu hitam pahit ini memiliki manfaat yang baik untuk menetralisir kadar keasaman di dalam lambung. Hal ini tentu saja memiliki manfaat yang sangat baik untuk mencegah kambuhnya gejala asam lambung yang biasa dialami ketika akan makan makanan yang memiliki kandungan asam serta panas yang tinggi.

7. Memperkuat fungsi hati

Manfaat madu hitam pahit adalah mampu untuk memperkuat dan menjaga fungsi dari hati atau liver. Dengan kesehatan serta fungsi yang terjaga dengan baik, maka tubuh akan terasa lebih sehat dan segar, karena gangguan pada hati dapat menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan di dalam tubuh.

 

 

 

 

author
No Response

Leave a reply "Khasiat madu hitam buat kesehatan"