Laga Pembuka Euro 2016

No comment 521 views

prancis-vs-rumania

Dagelan – Laga pembuka ajang Piala Euro 2016 nanti akan menyuguhkan pertandingan antara tuan rumah Prancis dengan Rumania yang tergabung dalam grup A. Prancis yang menjadi tuan rumah berada dalam satu grup bersama Rumania, Albania serta Swiss. Laga tersebut akan digelar di Stade de France pada Sabtu dini hari (11/6/2016) mulai pukul 02.00 Wib.

Pertandingan dipastikan berjalan akan sangat seru. Selain sebagai tuan rumah yang memiliki dukungan penuh dari penonton, di atas kertas Prancis diunggulkan di pertandingan ini karena memiliki banyak pemain bintang yang lebih bagus dari pada tamunya.

Sang pelatih Les Bleus, Didier Deschamps diprediksi akan memasang strategi menyerang dengan mengandalkan Antoine Griezmann pada lini depan guna membobol gawang Rumania. Laga ini tentu menjadi ujian bagi Griezmann. Publik menganggap pemain asal klub Atletico Madrid tersebut bakal menjadi kunci, sama seperti peran Zinedine Zidane pada Piala Dunia 1998 dan Euro 2000. Penampilan gemilang Griezmann sepanjang musim 2015-2016 menjadi satu di antara benefit tuan rumah. Ia bukan faktor utama. Namun, apa yang tersaji di lapangan membuktikan peran kreatif sang gelandang multifungsi tersebut.

Sementara itu, dari kubu Rumania, walaupun mereka tak mempunyai banyak pemain bintang, tentunya mereka akan menurunkan pemain-pemain terbaiknya untuk mendapatkan poin di partai perdananya. Bek Rumania, Razvan Rat mengaku timnya hanya menang pengalaman, dan yakin mampu mengejutkan tuan rumah. “Saya memiliki feeling kuat akan mendapatkan poin. Ingat, pertandingan perdana selalu menyulitkan, dan kai akan memanfaatkan demam panggung penggawa tuan rumah,” ancam bek berusia 35 tahun tersebut.

“Rumania datang bukan tanpa modal. Kemenangan telak dengan skor 5-1 atas Georgia, justru menjadi sinyal bahaya bagi Prancis. Lini serang tim tamu tergolong produktif, dan tak boleh sepelekan begitu saja,” ujarnya kepada sky sport, Jumat (10/6/2016).

Menurutnya Rumania punya peluang yang bagus, karena Prancis memiliki pola defensif yang longgar. Pada empat laga terakhir, Les Bleus mengemas 12 gol, tapi mereka kebobolan 6 gol. Prancis baru bisa meraih clean sheet saat menang atas Skotlandia dengan skor 3-0.

Secara statistik, Prancis memang berada jauh di atas Rumania. 5 pertandingan terakhir Prancis memiliki catatan 4 kali kemenangan dan hanya satu kali kalah. Sedangkan Rumania hanya memiliki 1 kali kemenangan serta 3 kali berimbang dan 1 kali kalah.

Apakah Prancis yang sebagai tuan rumah dan tim yang diunggulkan mampu meraih poin penuh? Ataukah Rumania yang akan menjadi kuda hitam dengan mencuri poin di kandang tuan rumah? Kita tunggu saja pertandingannya nanti malam.

Head to Head 5 pertandingan terakhir Prancis vs Rumania

6/9/2011 Rumania 0-0 Prancis (Kualifikasi Euro)

9/10/2010 Prancis 2-0 Rumania (Kualifikasi Euro)

5/9/2009 Prancis 1-1 Rumania (Kualifikasi Piala Dunia)

11/10/2008 Rumania 2-2 Prancis (Kualifikasi Piala Dunia)

9/6/2008 Rumania 0-0 Prancis (Kualifikasi Euro)

13/2/2002 Prancis 2-1 Rumania (Persahabatan)

 

author
No Response

Leave a reply "Laga Pembuka Euro 2016"