Makanan dan Minuman yang bisa buat gigi Jadi Kuning

1

Dagelan –  Gigi yang kuning membuat siapa saja menjadi tidak percaya diri dan memberikan efek kepada mereka untuk tidak bisa menjadi orang yang mudah bergaul. Gigi yang kuning tentunya memberikan kesan yang jorok dan juga kurang menarik. Anda harus mengetahui bahwa gigi kuning pada umumnya dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi.

Senyum cerah dan gigi putih tentu penting untuk meningkatkan rasa percaya diri. Namun, usia yang bertambah akan membuat gigi kita bertambah kusam. Selain itu, pola makan yang buruk juga dapat memudarkan warna putih mutiara dan membuat gigi menguning.

Sejalan usia, enamel permukaan mulai retak dan mengikis dentin, membuat zat-zat makanan, termasuk warna makanan, terserap ke arahnya. Inilah yang menyebabkan noda menempel menjadi plak dan tartar pada gigi dan akhirnya membuat penampilan gigi menjadi kuning.

Adapun makanan dan minuman yang bisa menyebabkan gigi menjadi menguning di antaranya :

1.  Kopi dan teh

Kopi dan teh memang bisa membuat gigi Anda kuning. Untuk mengurangi dampak negatifnya, Anda bisa menambahkan susu ke dalam kopi. Atau bisa memilih jenis teh herbal atau teh dengan warna yang lebih terang.

2. Minuman manis dan soda

Banyak merek soda, minuman manis dan minuman olahraga mengandung asam sitrat, gula asam, dan asam fosfat, yang akan mengikis enamel dalam jangka panjang, terutama jika Anda meminumnya tanpa menyikat gigi atau berkumur sesudahnya. Minuman-minuman itu sering mengandung pewarna karamel yang dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi.

3. Kari

Lezatnya sepiring nasi kari memang sangat sulit untuk diabaikan. Tapi warna dari kuah kari ini bisa membuat gigi Anda menguning. Solusinya? Sama seperti ketika menggunakan saus tomat, Anda bisa menambahkan sayur bayam dalam menu kari Anda.

4. Minuman kola dan soda

Minuman kola dan soda yang dingin bisa membuat gigi ngilu dan akhirnya pori-pori makin terbuka lebar sehingga kandungan warna minuman kola dan soda bisa tersebut jadi mudah diserap gigi. Warna gigi pun bisa berubah.

5. Penambah rasa

Kecap, cuka dan saus juga bisa membuat warna gigi berubah. Jika Anda menggunakannya terlalu banyak dalam memasak, jangan heran jika Anda menemukan gigi Anda jadi lebih menguning, meski Anda tidak merokok atau minum kopi dan soda.

6. Berbagai rempah-rempah

Beberapa rempah-rempah seperti kunyit, cabai atau rempah kari rempah-rempah bisa menghitamkan gigi Anda, karena mereka mudah melekat pada enamel. Inilah sebabnya, mengapa sebaiknya Anda menyikat gigi segera setelah memakannya.

7. Jus buah

Meski dalam banyak hal, jus lebih baik dari kopi, tapi dalam hal mengubah warna gigi – mereka memiliki efek yang sama. Jus mengandung kualitas asam yang dapat mengikis enamel Anda. Tapi, ini berlaku untuk jus dalam kemasan, bukan jus segar buatan sendiri.

8. Wine

Wine merah dan putih mengandung tanin dan polifenol, yang berkontribusi terhadap perubahan warna gigi menjadi lebih kusam. Selain itu, anggur putih memiliki sifat asam yang dapat mengikis enamel Anda jika Anda meminumnya terlalu sering.

Selain segera minum air putih atau berkumur dengan air putih setelah mengonsumsi minuman atau makanan di atas, kita juga bisa menggunakan alternatif lain agar gigi tidak kuning. Misalnya dengan menggosok gigi. Tapi menggosok gigi yang disarankan adalah 1,5 jam setelah Anda makan atau minum.

 

author
No Response

Leave a reply "Makanan dan Minuman yang bisa buat gigi Jadi Kuning"