Makanan penuh Protein Pembentuk Otot

No comment 5786 views

Makanan protein untuk pembentukan otot

Dagelan – Protein merupakan salah satu zat yang sangat bermanfaat dan sangat dibutuhkan oleh otot karena protein bukan hanya sekedar bahan struktural, seperti halnya lemak dan karbohidrat. Protein adalah blok pembangun untuk semua bagian tubuh, otot, tulang, rambut dan kuku. Sel-sel tubuh kita memerlukan protein untuk regenerasi dan perbaikan.

Tubuh yang ideal merupakan dambaan setiap orang terutama bagi pria. Tubuh yang ideal digambarkan memiliki otot tubuh yang kekar, padat, berisi. Pria yang memiliki tubuh yang seperti itu akan lebih menarik di mata perempuan di bandingkan dengan pria yang kurus, atau bahkan terlalu gemuk. Banyak manfaat yang ingin didapat oleh pria dengan membentuk otot tubuhnya. Selain untuk menunjang performance di mata lawan jenisnya, hal tersebut juga suatu upaya untuk menjaga kesehatan dan perlindungan diri dari hal-hal yang menuntut dilakukannya adu fisik.

Untuk membentuk otot tubuhnya, para kaum pria memasukkan latihan fitness ke dalam aktifitas kesehariannya. Gym memang tempat yang cocok untuk melatih kekuatan otot kita. Namun olahraga fitness saja tidak akan cukup efektif jika tidak di tunjang dengan asupan nutrisi untuk otot. Oleh karena itu olahraga fitness tetap harus di imbangi dengan makanan yang memberikan nutrisi yang baik untuk membentuk otot tubuh kita.

Adapun makanan yang merupakan sumber protein bagi tubuh kita di antaranya :

1. Dada Ayam

Daging ayam memang nikmat untuk di konsumsi. Di rebus, di goreng, di panggang, semuanya tetap enak untuk menyantap daging ayam ini. Namun, setiap bagian tubuh ayam memiliki kadar kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Untuk Anda yang ingin memperkuat massa otot, sebaiknya konsumsi daging ayam bagian dada karena lebih kaya kandungan proteinnya.

2. Daging Kerbau dan Rusa

Kerbau dan Rusa juga memiliki daging yang kaya akan protein. Dagingnya mengandung vitamin B, Fosfor, Zat besi, zinc, dan kandungan tembaga selain kandungan proteinnya. Nutrisi yang kompleks tersebut bisa menjadi salah satu sumber makanan yang baik untuk membentuk otot tubuh Anda.

3. Ikan Salmon

Ikan Salmon adalah salah satu ikan laut lainnya yang baik untuk membentuk otot Anda. Kandungan ikan laut yang kaya akan omega 3 dan protein poton bermanfaat sebagai nutrisi bagi otot Anda. Ikan Salmon pun enak untuk di konsumsi dan baik untuk proses metabolisme tubuh.

4. Almond

Kacang-kacangan memang mengandung vitamin E yang banyak dan baik untuk kekuatan otot. Kacang almond pun demikian, memiliki kandungan protein dan lemak yang seimbang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan kandungan anti oksidan di dalam almond juga membantu kita tetap bugar dalam berlatih membentuk otot. Selain itu almond juga bermanfaat untuk membantu mencegah beberapa penyakit berbahaya seperti kanker. Konsumsi almond secara rutin akan berdampak pada pembentukan otot yang lebih sempurna, terutama bagi kita yang sering dan rutin fitnes.

5. Keju

keju bisa menjadi pengganti makanan daging untuk memberikan asupan protein yang dibutuhkan tubuh kita. Setiap 30 gram keju mengandung 7 gram protein yang baik untuk otot, serta makanan juga ini rendah lemak.

6. Putih Telur

Telur merupakan sumber makanan yang kaya nutrisi. Bagian putih dan kuningnya memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Namun jika ingin menambah massa otot, sebaiknya konsumsi putih telurnya saja. Karena kandungan putih telur kaya akan protein, selain itu karena kandungan putih telur hampir tidak memiliki kolesterol dan lemak daripada kuning telurnya.

7. Susu

Susu memang dikenal memiliki banyak kandungan protein dan vitamin. Susu sangat enak di konsumsi apalagi setelah berolahraga. Kandungan proteinnya membantu membentuk otot Anda, sedangkan kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya membantu proses pemulihan dan perkembangan otot. Jadi tidak hanya anak kecil saja yang butuh susu, bagi Anda yang ingin memiliki tubuh yang padat berisi perlu meminumnya juga.

8. Ikan Tuna

Ikan Tuna memiliki kandungan gizi yang kaya akan protein, kandungan lemaknya sedikit, dan Vitamin D serta zat besi yang cukup kompleks. Ikan tuna tergolong ikan laut yang mana juga kaya akan omega-3. Menurut Christine Rosenbloom, PhD bahwa protein baik untuk membentuk otot tubuh pria dan sama ampuhnya dengan susu dan putih telur.

9. Yogurt

Makanan pembentuk otot yogurt Merupakan minuman susu yang dihasilkan dari fregmentasi bakteri. Yogurt memiliki banyak kandungan vitamin B6 yang baik untuk membantu proses metabolisme tubuh.

10. Brokoli

Sayuran ini juga kaya akan kandungan proteinnya yang baik untuk menambah massa otot. Selain menyehatkan, sayur ini juga enak untuk di makan. Kandungan vitamin pada sayuran ini juga sangat kompleks, yaitu Vitamin A, B-kompleks, C, E, K. Viatmin E inilah yang baik untuk pertumbuhan otot kita. Para ahli gizi menyarankan sebaiknya brokoli ini direbus saja dan tidak di goreng dengan minyak, agar tidak menghilangkan kandungan vitaminnya.

11. Bayam

Hasil riset yang dilakukan oleh Rutgers University menemukan bahwa konsumsi bayam bisa membantu pertumbuhan sel otot hingga 20%. Syaratnya, asupan bayam yang dimakan harus banyak sekitar 1 kg per harinya.

 

 

author
No Response

Leave a reply "Makanan penuh Protein Pembentuk Otot"