Manfaat Alpukat bagi Ibu Hamil dan Janin

No comment 923 views

alpukat

Dagelan – Alpukat adalah buah yang punya nama latin Persea Americana. Buah yang berasal dari Meksiko ini menjadi salah satu buah yang disarankan sebagai makanan sehat bagi ibu hamil. Alpukat merupakan buah spesial yang tidak mengandung senyawa apapun yang bisa mengganggu kehamilan. Sebaliknya, manfaat alpukat untuk ibu hamil bisa dihubungkan dengan aspek kesehatan ibu hamil itu sendiri.

Selain manfaat untuk ibu hamil, buah ini juga bermanfaat bagi janin. Buah alpukat di antaranya mengandung senyawa kalium dan vitamin b yang bisa membantu memberikan kecerdasan yang lebih pada janin itu sendiri.

Dengan demikian, mengkonsumsi buah alpukat pada masa kehamilan akan membantu melahirkan generasi-generasi baru yang cerdas dan memiliki daya ingat yang tinggi tanpa resiko apapun. Selain itu, mendapatkan alpukat juga relatif mudah dan harga yang ditawarkan di pasar cenderung lebih murah dari harga berbagai buah-buahan yang lain.

Berikut ini beberapa manfaat alpukat bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan:

1. Mencegah deformitas pada bayi yang akan lahir

Asam folat untuk bayi penting dalam pengembangan organ tubuh. Kekurangan asam folat menyebabkan deformitas tulang pada bayi sebelum lahir. Deformitas merupakan susunan gigi tetap yang tidak teratur karena gangguan rahang yang saat sedang mengalami perkembangan, langit-langit terlalu berbentuk secara melengkung, dikemudian hari gigi susu mengalami keterlambatan untuk tanggal.

2. Mencegah cacat syaraf pada janin

Selain mencegah deformitas, asam folat dalam manfaat alpukat juga mencegah terjadinya cacat syaraf pada janin. Ibu hamil dapat menyantap alpukat sebanyak setengah cangkir, dalam setiap irisannya mengandung 59 mcg asam folat.

3. Mencegah komplikasi

Pada masa kehamilan ada kondisi seorang ibu mengalami kelelahan, maka asam folat dikenal untuk mencegah komplikasi, anemia, insomnia, perubahan suasana hati yang mendadak dan preeklamsia. Preklamsia adalah tekanan darah tinggi pada ibu hamil, penyebab kematian yang tinggi pada bayi, karena menyebabkan keracunan pada bayi. Kasus tersebut dapat terjadi 5-8% pada kehamilan.

4. Sebagai asupan Kalsium

Selama masa kehamilan kebutuhan tubuh naik berlipat ganda. Maka tepat jika diperhatikan diet kalsiumnya. Disinilah peran alpukat untuk memenuhinya. Manfaat kalsium bagi ibu hamil sebagai zat pembangun dan pembentukan tulang pada bayi.

5. Alpukat Penuh dengan vitamin E

Dalam hal ini vitamin E dapat menghasilkan hormon prolaktin. Bila seorang ibu hamil kekurangan hormon ini maka akan menyebabkan pengaruh terhadap kondisi emosional dan selain sangat berperan dalam metabolisme, Vitamin E akan memberikan lingkungan yang nyaman untuk bayi. Selain itu untuk ibu hamil sendiri dapat sebagai anti penuaan.

6. Mengandung Vitamin K

Hampir sama dengan fungsi vitamin E. Tak hanya itu vitamin E juga berfungsi dalam pembentukan sel darah merah. Selain untuk pembekuan darah, vitamin K juga berperan dalam pembentukan tulang bagi janin, sebagai gizi ibu hamil yang harus dipenuhi.

7. Alpukat Kaya akan B1 dan B2 juga B6

Cara mengatasi mual saat hamil muda dengan asupan vitamin B1 dan B2 juga dapat dipenuhi oleh manfaat alpukat untuk ibu hamil. Terutama vitamin B6 dimana dapat mengurangi morning sickness yang sering dialami para ibu hamil. B1 atau dikenal sebagai Tiamin, berguna untuk mengurangi rasa mual dan muntah dipagi hari, terutama pada akhir kehamilan untuk mempersiapkan kelahiran dan paska menyusui. B2, dikenal dengan riboflavin. Hal ini menjadi elemen penting untuk membantu penguraian zat makanan untuk janin. Vitamin B6 sering dikenal sebagai Pridoksin, dimana penting sebagai daya tahan ibu yang sedang hamil.

8. Alpukat mencegah anemia

Seorang ibu hamil sering kali kekurangan zat besi (Fe) sehingga terjadi anemia. Alpukat sendiri kaya akan manfaat zat besi untuk ibu hamil sehingga memakan beberapa potong alpukat cukup dalam memenuhi kebutuhan ini.

9. Meningkatkan fungsi pencernaan

Selama kehamilan terutama diakhir kehamilan seorang ibu hamil mengalami sembelit.  Alpukat yang kaya akan serat sangat bagus untuk ibu hamil, karena tubuh memerlukan serat untuk mencerna makanan dengan baik. Selain itu, alpukat sendiri dapat meningkatkan pergerakan usus lebih baik.

10. Mengurangi peradangan pencernaan pada ibu hamil.

Alpukat mengandung karotenoid yang termasuk dalam beta karoten dan likopen yang merupakan nutrisi penting. Hal ini dapat mengurangi peradangan pada lambung dan peradangan lapisan mukosa pada usus halus. Semua ini dikarenakan enzim dalam manfaat alpukat dan nutrisi yang terkandung didalamnya.

11. Meningkatkan penyerapan nutrisi

Selain memberikan banyak nutrisi, manfaat alpukat untuk ibu hamil akan membantu dalam penyerapan nutrisi. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah alpukat dapat meningkatkan penyerapan karotenoid dalam tubuh. Karotenoid sendiri diperoleh dari vitamin A yang ada didalam alpukat.

Fungsinya adalah untuk mencegah janin mendapat penyakit atau gangguan pada mata. Ibu hamil dapat menikmati secangkir alpukat yang mengandung 22 mg Kolin dalam membantu dalam perkembangan otak dan syaraf.

12. Menurunkan kolesterol dan kadar gula darah

Alpukat yang dikonsumsi dapat menurunkan kolesterol dalam darah dan juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Pada sebuah penelitian tentang diet makanan, alpukat memberikan hasil signifikan dalam menurunkan total kolesterol (LDL) dan kolesterol baik meningkat sebanyak 11%.

Dari penelitian yang lain dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 17 %. Kolesterol tinggi dapat memicu sakit jantung, sehingga alpukat dapat mencegahnya. Untuk kadar gula dan respon insulin sendiri akan lebih ditekan sebab rasa kenyang yang telah ditimbulkan dari alpukat.

13. Alpukat membuat ibu hamil cepat kenyang

Alpukat sebanyak 3,4 gram dengan serat yang ada akan membuat ibu hamil merasa kenyang lebih lama. Asam oleat yang ada pada alpukat akan mengaktifkan bagian dari otak sehingga membuat ibu hamil merasa kenyang. Manfaat alpukat untul ibu hamil terdapat lemak tak jenuh yang sehat dan terbukti menghasilkan rasa kenyang lebih besar dibandingkan lemak jenuh dan lemah trans yang ada didalam olahan.

14. Melindungi bayi sebelum lahir

Memakan satu cangkir alpukat atau memenuhi seperempat asupan harian folat yang akan mengurangi resiko bayi lahir dalam keadaan cacat. Bagi para ibu hamil, pastikan kebutuhan penting seperti asam folat dapat terpenuhi dengan sempurna. Karena secara normal ibu hamil membutuhkan asam folat sebanyak 400 mcg perhari, dibandingkan tidak hamil yang hanya perlu 180 mcg.

 

 

author
No Response

Leave a reply "Manfaat Alpukat bagi Ibu Hamil dan Janin"