Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan

No comment 1256 views

kacang-almond

Dagelan – Kacang Almond adalah kacang yang kaya akan vitamin dan nutrisi. Kacang almond memiliki bentuk lebih besar dibandingkan dengan kacang tanah dan kacang-kacangan lainnya. Kandungan di dalam kacang almond sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Oleh sebab itu tidak jarang jika banyak yang memilih mengkonsumsi kacang almond untuk menjaga kesehatan dan kecantikannya.

Tidak semua orang tahu akan manfaat dari kacang almond, terutama masyarakat menengah ke bawah. Hal itu dikarenakan daya beli masyarakat menengah ke bawah akan kacang ini tergolong rendah. Kacang almond tergolong kacang-kacangan yang memiliki harga cenderung mahal, lebih mahal dibandingkan dengan kacang tanah dan kacang mede.

Para Ahli gizi menemukan fakta bahwa banyaknya nutrisi dalam kacang almond yang bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini berbagai macam manfaat kacang almond untuk kesehatan di antaranya:

1. Sebagai Pengontrol Diabetes

Meski kacang almond memiliki kandungan gula didalamnya, namun kacang ini bermanfaat untuk mengontrol kadar gula di dalam tubuh seseorang. Mengontrol kadar gula bisa menghindarkan penderita diabetes dari berbagai macam komplikasi yang diakibatkan penyakit diabetes.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kacang almond bermanfaat untuk penderita kolesterol karena mampu menurunkan dan mengontrol kadar kolesetrol LDL di dalam tubuh. LDL ini sangat berbahaya bagi kesehatan karena bisa menimbulkan berbagai macam penyakit kronis maupun non kronis. Cara penurunannya adalah kacang almond bisa meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh. Tubuh dengan kadar HDL yang baik bagi kesehatan bermanfaat untuk perkembangan dan pertumbuhan sistem syaraf dan masih banyak lagi lainnya.

3. Menyehatkan Jantung

Magnesium yang terdapat di dalam kacang almond bermanfaat untuk melancarkan dan meningkatkan aliran darah ke jantung. Di samping itu Magnesium juga mengontrol pergerakan oksigen bersama dengan nutrisi ke jantung dan ke seluruh tubuh. Ketika aliran darah lancar, aliran darah meningkat diikuti dengan pergerakan oksigen dan nutrisi bisa menyebabkan tekanan darah selalu normal. Tekanan darah yang normal bisa menyehatkan jantung.

Selain itu Lemak tidak jenuh di dalam kacang almond juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung. Vitamin E dan antioksidan yang tinggi yang terkandung di dalamnya juga bisa mencegah terjadinya peradangan pembuluh darah arteri dan kerusakan arteri. Arteri itu merupakan pembuluh darah yang vital bagi organ jantung. Jika arteri sehat, jantung pun akan sehat.

4. Meningkatkan Kinerja Otak

Vitamin E yang ada di dalam kacang almond bermanfaat untuk mencegah penurunan kognitif di dalam otak, meningkatkan kewaspadaan memori otak, serta mampu meningkatkan kapasitas memori otak. Kacang almond kaya akan mineral, mineral bermanfaat untuk melindungi sel-sel dan syaraf yang ada di otak dari kerusakan. Kerusakan otak banyak disebabkan oleh radikal bebas. Kandungan vitamin B6 di dalam kacang almond bisa bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme protein. Metabolisme protein itu diperlukan untuk memperbaiki sel-sel otak yang rusak. Selain itu, kandungan fenilalanin di dalam kacang almond mampu mencegah terjadinya penyakit parkinson. Penyakit parkinson ini bisa disebabkan oleh syaraf otak yang rusak. Fenilalanin juga bisa membuat otak memiliki adrenalin dan dopamin.

5. Melancarkan Pencernaan

Mengkonsumsi kacang almond bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Hal itu dikarenakan di dalam kacang almond terkandung serat yang tinggi. Serat bermanfaat untuk mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan.

6. Mengobati Maag

Maag bisa diobati dengan mengkonsumsi kacang almond. Hal itu dikarenakan kacang almond memiliki minyak yang tinggi. Kandungan minyak tersebut bisa menurunkan kadar asam di dalam lambung.

7. Membuat Peredaran Darah Lancar

Kacang almond bisa membuat peredaran darah lancar dikarenakan memiliki nutrisi magnesium yang bisa bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah di dalam pembuluh darah di seluruh tubuh.

8. Menurunkan Kolesterol

Kacang almond kaya akan asam lemak omega-3. Kandungan asam lemak omega-3 yang ada di dalam kacang almond bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

9. Mengurangi Radang Sendi

Kandungan asam lemak omega-9 di dalam kacang almond bermanfaat untuk meredakan radang sendi di dalam tubuh. Radang sendi adalah penyakit sendi yang membuat sendi ngilu dan nyeri.

10. Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan vitamin C yang ada di dalam kacang almond bisa membuat sistem imun tubuh meningkat sehingga penyakit tidak bisa mudah masuk ke dalam tubuh.

 

author
No Response

Leave a reply "Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan"