Manfaat Kembang Kol Untuk Kesehatan Tubuh

No comment 3166 views

Kembang Kol

Dagelan – Bunga kol atau yang sering dikenal sebagai brokoli ini merupakan tumbuhan yang termasuk ke dalam family brassicaceae atau cruciferus. Asal usul sayuran ini dapat ditelusuri berasal dari wilayah Mediterania Timur Laut. Dari sana, kembang kol menyebar ke berbagai negara dan sekarang sudah dibudidayakan di seluruh dunia.

Pada umumnya brokoli berwarna putih. Selain brokoli berwarna putih, ternyata ada juga bunga kol dengan beberapa warna lainnya yaitu warna hijau, ungu, oranye dan romanesco.

Bunga kol memiliki kandungan yang sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan di antaranya kaya akan nutrisi fitonutrient seperti indol-3-karbinol, sulforaphane dan lain-lain yang memiliki khasiat dalam mencegah berbagai kanker, seperti kanker prostat, ovarian dan serviks.

Tak hanya mengandung nutrisi, bunga kol ternyata juga kaya akan gizi. Ada banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh yang dapat ditemukan di bunga kol.

Dalam satu buah bunga kol terkandung energi, karbohidrat  vitamin B9 (folat), protein, vitamin A, kalsium dan kalium yang baik untuk tubuh.

Karena kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat dalam bunga kol sangat banyak, brokoli pastinya sangat dibutuhkan oleh tubuh yang membawa manfaat bagi kesehatan. Adapun manfaat bunga kol bagi kesehatan tubuh diantaranya :

1. Dapat membantu pencernaan menjadi sehat

Manfaat kesehatan dari kembang kol membantu pencernaan menjadi lebih sehat. Satu porsi khas kembang kol menyediakan lebih dari 3g serat makanan yang penting untuk menjaga sistem pencernaan yang sehat. Sayuran ini juga mengandung glucoraphanin, yang diyakini membantu melindungi perut Anda lapisan dari bakteri.

2. Mengatasi Radikal Bebas

Kandungan vitaminnya yang sangat tinggi seperti kandungan vitamin C ini merupakan antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas, menjaga kekebalan tubuh secara maksimal dan mampu mencegah terjadinya infeksi atau kanker.

3. Membantu melindungi terhadap kanker dan penyakit kardiovaskular

Kembang kol memiliki antioksidan yang tinggi karena mengandung beta-karoten dan fitonutrien, antioksidan yang, dengan konsumsi secara teratur, akan mengurangi risiko dari radikal bebas dan membantu melindungi terhadap kanker dan penyakit kardiovaskular.

4. Memperkuat Tulang dan menjaga sistem kekebalan tubuh

Kandungan kalium yang sangat tinggi dalam bunga kol ternyata sangat bermanfaat untuk menyehatkan tulang Anda. Maka dari itu mengapa banyak anak kecil yang sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi bunga kol sejak dini karena untuk menunjang pembentukan tulang dan kesehatannya. Kembang kol juga mengandung fosfor, kalsium dan selenium, serta natrium yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh serta membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh Anda.

5. Mencegah penyebaran sel kanker

Kembang kol mengandung zat yang disebut sulforaphane, yang secara efektif dapat menghilangkan bahan kimia yang menyebabkan kanker dalam tubuh. Zat ini juga membantu mencegah penyebaran sel-sel kanker, yaitu metastasis.

Orang yang makan jenis sayuran seperti brokoli secara teratur telah terbukti memiliki lebih sedikit kesempatan untuk mengembangkan kanker payudara, kanker ovarium dan kanker kandung kemih, karena kembang kol mengandung beberapa phytochemical, seperti sulforaphane, karotenoid dan indole-3-carbinol – bahan kimia yang membantu perbaikan DNA, mencegah dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.

6. Mendetoksifikasi tubuh

Manfaat kesehatan dari kembang kol juga mencakup detoksifikasi tubuh. Kuntum kembang kol yang mengandung tiosianat dan glucosinolates, bersama dengan enzim, yang membantu hati untuk menetralkan zat-zat beracun dalam tubuh dan yang dapat membantu untuk mencegah timbulnya kanker, oleh karena itu jangan malu-malu dan menambahkan kembang kol dalam smoothie detoksifikasi sehat Anda .

7. Hal ini dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke

Karena sifat anti-inflamasi, makan kembang kol dapat mengurangi inflasi internal dalam pembuluh darah. Peradangan ini, bersama dengan deposit lemak dalam darah yang dapat membatasi aliran darah ke seluruh tubuh dan menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke.

8. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Salah satu manfaat kesehatan penting kembang kol adalah bahwa hal itu dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan. Kembang kol memberikan sumber besar antioksidan dan salah satu manfaat dari antioksidan adalah kemampuan mereka untuk melawan radikal bebas, yang meningkatkan tanda-tanda penuaan. Makan kembang kol adalah salah satu cara yang dapat Anda membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dan membuat Anda terlihat muda dan sehat lebih lama.

 

author
No Response

Leave a reply "Manfaat Kembang Kol Untuk Kesehatan Tubuh"