Manfaat Pare

No comment 1364 views

pare.

Dagelan – Pare merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat bermanfaat untuk kesehatan namun permasalahannya, tidak banyak orang yang menyukainya karena rasanya yang pahit. Di balik rasanya yang pahit, pare memiliki banyak manfaat hebat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita jika sering mengonsumsinya.

Namun rasa pahitnya membuat pare tak masuk dalam daftar makanan favorit. Namun, kebanyakan ahli diet, pakar kesehatan, dan dokter justru menyarankan mengonsumsi pare secara rutin. Pasalnya, banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya.

manfaat jus pare

Ada berbagai macam cara mengonsumsi pare, mulai dari memasaknya menjadi sayuran hingga menjadikannya sebuah jus, atau bahkan Berikut ini beberapa manfaat pare untuk kesehatan jika kita sering mengkonsumsinya :

1. Pare mengandung phyto terutama polipeptida-P yaitu insulin tanaman yang dikenal untuk menurunkan kadar gula darah. Selain itu, agen hipoglikemik yang disebut charantin meningkatkan penyerapan glukosa dan glikogen sintesis dalam sel-sel hati, otot dan jaringan adiposa. Bersama-sama, senyawa ini pare telah dianggap bertanggung jawab atas penurunan kadar gula darah dalam pengobatan diabetes tipe-2.

2. Pare diketahui dapat meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh Anda dengan sangat baik. Anda bisa merebus pare dalam air lalu meminum air rebusan tersebut secara rutin untuk melawan berbagai macam infeksi dan penyakit. Pare sangat kaya Vitamin C, yang merupakan antioksidan sangat kuat yang bisa membantu menghilangkan radikal bebas dari dalam tubuh.

3. Pare segar merupakan sumber folat yang sangat baik sekitar 72 mg / 100 g (18% dari RDA). Folat, ketika dikonsumsi oleh ibu selama waktu awal kehamilan akan membantu mengurangi timbulnya cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.

4. pare merupakan sumber moderat vitamin B kompleks seperti niasin (vitamin B-3), asam pantotenat (vitamin B-5), piridoksin (vitamin B-6) dan mineral seperti zat besi, seng, kalium, mangan dan magnesium.

5. Pare mengandung serat sehingga dapat merangsang pencernaan yang mudah dan gerakan peristaltik pada makanan melalui usus sampai diekskresikan dalam tubuh. Dengan demikian, hal ini akan membantu dalam mengurangi gangguan pencernaan dan masalah sembelit.

6. Pare sangat baik untuk membersihkan dan mendetoksifikasi darah. Termasuk mengurangi jerawat dan membersihkan tubuh dari dalam. Ini juga dapat membantu menghilangkan infeksi kulit dan darah seperti bisul, scabies, penyakit jamur, dan semacamnya.

7. Pare diketahui kaya antioksidan, ini sangat berguna membersihkan racun berlebih dari dalam tubuh yang menyebabkan kenaikkan berat badan. Mengonsumsi jus pare secara teratur telah terbukti secara efektif membantu penurunan berat badan, untuk memperoleh tubuh yang lebih langsing dan lebih sehat.

8. Pare membantu mengurangi jumlah Kolesterol dalam tubuh, yang sering memblokir dinding arteri dan menyebabkan penyakit jantung. Jadi, mengonsumsi pare secara teratur baik untuk hidup bebas penyakit dan umur panjang.

9. Pare segar merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C (100 g pare mentah menyediakan 84 mg atau sekitar 140% dari RDI). Manfaat vitamin C merupakan salah satu antioksidan alami yang kuat dan membantu mengikat radikal bebas yang merusak tubuh manusia.

 

author
No Response

Leave a reply "Manfaat Pare"