Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

No comment 561 views

 

manfaat-puasa-bagi-kesehatan

Dagelan – Bulan Suci Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Bulan yang lebih baik dari 1000 bulan tersebut juga menjadi bulan yang penuh berkah dan sangat dinantikan oleh setiap muslim di seluruh penjuru dunia ini. Tentunya, setiap umat muslim yang menjalankan puasa di bulan ramadhan menjalankannya dengan menahan lapar dan haus serta hawa nafsu negatif lainnya.

Dengan berpuasa di bulan Ramadhan, kita akan mendapatkan banyak pahala di kemudian hari dan banyak manfaat yang luar biasa dari puasa bagi kesehatan yang belum kita diketahui sebelumnya.

Adapun beberapa Manfaat puasa Ramadhan bagi Kesehatan di antaranya :

a. Meningkatkan fungsi otak

Ketika berpuasa, neurotropik yang diturunkan dari otak akan mengalami peningkatan. Dengan begitu, tubuh akan memproduksi sel otak lebih banyak dari biasanya sehingga kinerja otak juga akan semakin meningkat. Orang yang berpuasa juga mengalami penurunan hormon kortisol yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, hal ini akan menurunkan tingkat stres yang dialami.

b. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

banyak penelitian yang mengatakan kalau penyakit jantung adalah penyakit yang paling mematikan. Dengan berpuasa maka hal tersebut akan menimbulkan dampak yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Saat berpuasa, tubuh akan melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL. Dan ini mengakibatkan efek yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

c. Ginjal Menjadi lebih Sehat

Ginjal memiliki kegunaan untuk menyaring zat berbahaya dari apa yang kita makan dan minum. Jika kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air, maka ginjal akan berfungsi secara maksimal dan mengakibatkan dampak baik bagi kesehatan ginjal.

d. Mengurangi Resiko Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang berbahaya. Diabetes disebabkan akibat kadar gula yang tinggi di dalam tubuh. Saat berpuasa, maka kita bisa mengontrol asupan makanan manis yang masuk ke dalam tubuh.

e. Mengontrol berat badan

Puasa Ramadhan juga memiliki manfaat untuk mengontrol berat badan. Sebab, ketika menjalani puasa sebulan penuh pola makan akan lebih teratur dan terjaga. Tak perlu menjalani diet yang berlebihan, cukup makan dan minum seperlunya ketika sahur dan berbuka maka berat badan yang berlebih akan mengalami penurunan.

f. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Tubuh tak hanya menggunakan glukosa sebagai sumber energi ketika puasa. Lemak pada tubuh yang dibakar dari penyimpanannya akan mempengaruhi penurunan profil lipid tubuh.

g. Membantu Proses Detoksifikasi

Karena lemak tubuh terpakai maka sisa-sisa zat buangan atau racun yang terdapat dalam sel-sel lemak tubuh akan terurai dan terbuang dari tubuh.

h. Meningkatkan Ketajaman Berpikir dan Rasa Nyaman

Hormon endorfin akan meningkat dalam tubuh. Hormon ini akan menimbulkan efek peningkatan ketajaman pikiran serta perasaan nyaman.

Itulah beberapa manfaat dari puasa Ramadhan yang ternyata sangat bagus untuk kesehatan. Tentunya tubuh kita perlu dimantainance dengan cara berpuasa agar organ tubuh kita bisa menjadi lebih sehat.

 

 

 

author
No Response

Leave a reply "Manfaat Puasa Bagi Kesehatan"