Mengatasi Mata Lelah

No comment 320 views
tired young businessman rubbing his eyes

tired young businessman rubbing his eyes

Dagelan – Mata lelah adalah suatu kondisi menjengkelkan yang dialami banyak orang setelah bekerja seharian di depan komputer/laptop, ataupun karena begadang, main gadget serta nonton TV.

Kondisi mata lelah ini terkadang membuat penglihatan menjadi kurang jelas atau bahkan muncul lingkaran hitam yang biasa disebut dengan kantung mata atau mata panda.

Jika hal ini terjadi, maka kita harus mengistirahatkan mata walau hanya sejenak. Memaksakan mata untuk tetap bekerja dalam keadaan lelah dapat berakibat buruk pada mata.

Ada banyak penyebab mata menjadi lelah di antaranya : terlalu lama di depan computer, terlalu lama main game atau smartphone, kurang tidur, terlalu lama membaca, pola makan dan istirahat, serta faktor usia.

Mata yang lelah akan menunjukan gejala-gejala terlebih dahulu. Beberapa gejala mata lelah di antaranya : rasa gatal pada mata, pandangan menjadi kabur, keluar air mata, mata terasa berat, mata merah, iritasi pada mata, mata terasa seperti terbakar, mata kering, sensitifitas terhadap cahaya meningkat.

Setelah kita mengetahui penyebab dan gejala mata lelah, baiknya kita harus langsung melakukan tindakan untuk menyelamatkan mata. Berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengobati mata lelah :

1. Istirahat yang cukup dan teratur

Istirahat akan mengembalikan kondisi mata anda. Istirahat yang paling baik adalah dengan cara tidur. Istirahatlah yang cukup dan teratur.

2. Mengompres mata

Dengan mengompres mata akan membuat mata menjadi segar kembali. Kompreslah dengan air dingin, cara ini akan membuat mata menjadi rileks dan nyaman.

3. Membersihkan mata

Mencuci mata dapat mengurangi ketegangan pada mata yang menyebabkan mata menjadi lelah.

4. Es batu

Es batu sangat dianjurkan untuk mengobati mata lelah. Gunakan es batu untuk mengompres mata kita. Caranya yaitu bungkus es batu dengan kain bersih, kemudian kompreskan pada mata selama beberapa menit. Efek dingin dari es batu akan membuat otot-otot mata rileks dan nyaman.

5. Mentimun

Mentimun mengandung banyak air yang dapat menyebabkan efek dingin. Caranya yaitu dengan mengiris mentimun tipis-tipis lalu tempelkan pada mata kita.

6.  Kantong teh

Kantung teh dapat mengatasi mata lelah atau mata panda. caranya yaitu tempelkan kantung teh pada mata selama beberapa menit.

7. Sendok yang dingin

Sendok atau bendal aluminium lainnya juga dapat digunakan sebagai terapi untum mengatasi masalah mata lelah. Caranya gunakan sendok atau benda alimunium lainnya dalam keadaan dingin. Lalu tempelkan pada kelopak mata. Rasa dingin akan menenangkan ketegangan pada otot-otot mata.

8. Memijat

Memijat mata atau daerah disekitar mata juga dapat menenangkan otot-otot yang tegang, sehingga mata menjadi segar kembali. Cara ini merupakan cara paling praktis dan biasa digunakan orang.

9. Susu dingin atau air mawar

Susu dingin atau air mawar juga dapat digunakan untuk mengatasi mata lelah. Caranya kompres mata dengan menggunakan susu dingin atau air mawar.

10. Obat tetes mata

Jika mata sudah menjadi merah, disarankan untuk menggunakan obat tetes mata. Mata merah sudah masuk dalam kategori mata sakit, Jadi butuh mengobatan secara medis.

Hindari terlalu lama didepan komputer, terlalu lama main game, terlalu lama membaca dan lain sebagainya yang dapat menyebabkan mata lelah. Dan yang terpenting adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A.

 

 

author
No Response

Leave a reply "Mengatasi Mata Lelah"