Mengenalkan makanan sehat dan bergizi kepada anak

Dagelan – Banyaknya berbagai jenis makanan yang kurang sehat yang dijajakan di lingkungan rumah maupun sekolah, terkadang membuat orang tua menjadi khawatir akan kehigienisan dari makanan tersebut.

Kebanyakan dari jajanan tersebut tidak memiliki kandungan gizi dan bahkan cenderung mengandung borax, zat pewarna kain, dan zat-zat berbahaya yang bisa mengganggu kesehatan.

Pada dasarnya, anak-anak biasanya sangat menyukai beragam makanan manis dengan warna yang menarik. Hal ini tentu akan menjadi suatu problem tersendiri ketika anak tidak dapat diajak kompromi dan cenderung membangkang. Bahkan, mungkin saja mereka akan secara sembunyi-sembunyi membeli makanan tidak sehat tersebut saat orang tua sedang tidak bersama mereka.

Dalam hal ini sebenarnya para orang tua tidak perlu terlalu keras pada anak. Membentak atau melarang anak dengan keras tentu tidak selalu bisa menyelesaikan masalah. Cobalah para orang tua melakukan langkah-langkah positif untuk menjauhkan anak dari jajanan-jajanan tidak sehat tersebut.

Adapun langkah-langkah tersebut di antaranya :

1. lakukan Inovasi masakan dengan menciptakan makanan baru

Cobalah resep-resep baru dan usahakan untuk membuat makanan yang menarik, baik rasanya maupun tampilan makanannya. Setelah itu berilah nama yang unik dan lucu sehingga buah hati menjadi tertarik untuk makan di rumah.

2. Sediakan wadah yang unik

Anak-anak akan bersemangat ketika alat makan atau tempat minum mereka menarik dan lucu, misalnya botol minum dan tempat makan bergambar tokoh kartun favorit mereka. Anda juga bisa menyediakan gelas lucu atau dengan sedotan yang berwarna-warni yang disukai anak-anak.

3. Siapkan jus segar

Jus adalah minuman yang tak hanya enak dan segar, tapi sekaligus sehat dan bergizi. Cobalah membuat jus dengan buah-buahan segar dan berwarna-warni. Jus segar terbukti akan meningkatkan nafsu makan anak anda.

4. Ajaklah anak untuk berpartisipasi pada saat membuat makanan ataupun minuman

Mengajak anak ke dapur bukanlah tidakan yang salah. Ajak dan biarkan mereka untuk membantu orang tua, sehingga mereka akan tertarik untuk menghabiskan makanan yang mereka buat sendiri.

5. kenalkan jenis makanan yang sehat pada anak

Sebagai orang tua, sebaiknya tidak memberikan larangan pada anak tanpa memberikan penjelasan dan alasan di balik larangan tersebut. Cobalah untuk memberikan contoh pada mereka tentang makanan-makanan apa saja yang sehat dan aman untuk dikonsumsi. Anda juga bisa memberi penjelasan ringan tentang fungsi dan manfaat makanan-makanan tersebut, sehingga anak menjadi lebih paham dan terpacu untuk mengkonsumsi makanan sehat.

Dengan langkah-langkah tersebut, niscaya nantinya anak akan mengerti dan memahami tentang pentingnya mengkonsumsi makanan yang sehat untuk kesehatan tubuh.

author
No Response

Leave a reply "Mengenalkan makanan sehat dan bergizi kepada anak"