Mengobati diabetes dengan kacang buncis

No comment 413 views

Dagelan – Kacang Buncis merupakan jenis sayuran yang sebagian besar dari kita sering mengkonsumsinya. Sayuran ini memiliki rasa yang renyah dan agak manis, menjadikannya banyak yang suka dengan olahan masakan yang satu ini.

Kandungan gizinya dari setiap 100 gram buncis mengandung 7,81%, lemak 0,28%, protein 1,77%, serat 2,07%. Banyak yang tidak menyadari bahwa buncis bisa mengobati penyakit diabetes mellitus atau sering dikenal dengan nama penyakit kencing manis.

Hasil penelitian yang dilakukan Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) menemukan bahwa kandungan zat B-sitosterol dan stigmasterol pada buncis, dapat meningkatkan produksi insulin. Bila insulin meningkat maka kadar gula dalam tubuh akan berkurang.

Insulin adalah hormon alami berupa hormon polipeptida yang diproduksi oleh organ pankreas (sel-sel beta), yang berfungsi dalam mengatur metabolisme karbohidrat dan tingkat gula darah (glukosa) dalam tubuh.

Dengan sering mengkonsumsi buncis maka akan mengatasi masalah kadar gula dalam tubuh. Untuk penderita diabetes dianjurkan sering makan makanan dari olahan buncis, bisa dibuat sayur dan oseng-oseng buncis.

Bagi Anda yang sedang mengalami masalah dengan penyakit diabetes, perbanyak konsumsi kacang buncis sebagai menu makanannya. Mengobati diabetes dengan buncis Sebaiknya dilakukan dengan memasaknya jangan terlalu matang. Anda bisa mengolahnya menjadi sup sayuran dan ditambah dengan campuran kacang panjang.

Hindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi, seperti makanan atau minuman yang manis- manis. Sebaiknya gunakan gula khusus untuk penderita Diabetes dan perbanyak minum air putih serta rutinlah berolahraga.

author
No Response

Leave a reply "Mengobati diabetes dengan kacang buncis"