Menikmati Indahnya Pantai Tablolong

No comment 1399 views

 

pantai tablolong kupang

 

Dagelan – Pantai Tablolong, sebuah pantai indah nan menawan yang terletak di kepulauan Timor Kota Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT).  Air yang jernih, bersih dan diselimuti oleh awan biru yg cerah ini merupakan salah satu intan permata yang tersembunyi di Propinsi Nusa Tenggara Timur.

 

Posisinya kira-kira 25 km ke arah barat kota Kupang. Bila menggunakan kendaraan bermotor, maka lokasi pantai ini bisa dicapai dalam waktu kurang-lebih 45 menit.

Pantai yang berpasir putih ini menjadi satu-satunya tempat wisata pantai terdekat di kota Kupang yang bisa dikatakan bersih. Meski letaknya relatif jauh, namun obyek wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara.

 

Tak jauh dari pantai ini terdapat pulau Kambing dan pulau Semau, begitu dekatnya sehingga merasa seolah-olah bisa berenang ke sana. Dan di ujung Barat Daya, pulau Rote menyembul seperti gundukan kecil. Kadang-kadang ada nelayan yang menyewakan perahunya untuk berputar-putar menikmati pemandangan.

 

tablolong

Banyak keunikan yang bisa ditemui di sepanjang jalan berkelak-kelok menuju ke Pantai Tablolong. Di sisi kanan dan kiri jalan bisa ditemui rumah-rumah penduduk. Bangunan rumah tersebut masih tradisional. Dimana dinding rumah terbuat dari susunan bilah bambu yang dipasang vertikal. Dengan 3 bambu yang dipasang horizontal pada bagian tengah, atas, dan bawah dinding yang berfungsi untuk menahan bilah bambu yang disusun vertikal.

 

Ada beberapa titik di perairan pantai dengan terumbu karang yang masih dalam keadaan baik. Dulu sebenarnya terumbu karang di Pantai Tablolong jumlahnya lebih banyak lagi. Namun karena kebiasaan masyarakat setempat yang mencari ikan dengan menggunakan bom ikan telah merusak terumbu karang.

 

Bila air laut sementara surut, Anda bisa berjalan menyusuri pantai sambil menikmati satu persatu berbagai jenis terumbu karang yang berada di pantai tersebut. Tak hanya itu, aneka biota laut pun dapat anda jumpai seperti bulu babi, bintang laut dan ubur-ubur.

pantai tablolong

Untuk yang hobby memancing, Tablolong juga menjadi surganya para pemancing ikan di lautan. Terlebih jika Anda membawa peralatan menyelam atau snorkling, Anda akan terkagum-kagum menyaksikan keindahan panorama bawah laut Pantai Tablolong.

 

Keindahan semakin terasa lengkap pada saat menyaksikan matahari yang tenggalam di ufuk barat. Jika Anda berkemah di sekitar area pantai akan terdengar deburan ombak memecah karang di malam hari, dan di pagi harinya akan terdengar kicauan burung yang sangat terasa akan suasana kehidupan desa terpencil di pulau Timor.

 

Tempat ini bisa menjadi referensi buat pecinta wisata bahari yang ingin menikmati keindahan pantai di kawasan timur Indonesia.

 

author
No Response

Leave a reply "Menikmati Indahnya Pantai Tablolong"