Menjaga kesehatan di saat begadang

No comment 821 views

Dagelan – Melakukan aktifitas atau pekerjaan hingga sampai larut malam seperti kerja lembur, menonton sepak bola, bloging atau kegiatan lainnya atau yang biasa disebut dengan begadang, seringkali membuat tubuh menjadi letih, lesu dan gampang sakit.

Hal ini akan berdampak langsung pada kebugaran tubuh seperti kurang tidur, produktivitas kerja yang terganggu,  konsentrasi  tidak fokus, otak lemah dan tentu saja kesehatan menurun.

Akibat kesehatan menurun maka penyakit sangat gampang menghampiri tubuh dimana kekebalan tubuh tak lagi bisa melindungi kondisi ini. Hal ini tentunya sangat riskan dan perlu kita hindari.

Jika memang aktifitas kita menuntut kita harus begadang, maka kita bisa mengantisipasinya dengan melakukan hal-hal sebagai berikut untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh kita :

1. Perbanyak minum air putih

Jika tubuh banyak mengkonsumsi air putih, maka racun dapat keluar dari tubuh dengan lancar.  Air putih sangat menyegarkan sehingga begitu naik ke otak, konsentrasi yang didapatkan menjadi fokus dan tubuh menjadi bugar.

2. Konsumsi madu secara teratur

Madu merupakan sumber energi yang baik dan ideal dikonsumsi ketika melakukan kegiatan lembur. karenanya, madu dianjurkan sebagai suplemen energi alternatif berbasis glukosa, suplementasi terhadap tubuh yang dapat memberikan daya tahan tubuh ekstra.

3. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

konsumsi buah-buahan ketika bekerja dimalam hari, akan sangat membantu tubuh  untuk mengembalikan kesegaran. Kandungan Vitamin C yang ada dalam buah diyakini dapat mengembalikan kesegaran tubuh usai bekerja sepanjang hari.

4. Lakukan olahraga ringan

Banyak orang telah membuktikan bahwa aktivitas fisik adalah solusi yang efektif untuk mengatasi rasa kantuk. Sedikit latihan fisik membuat tubuh menjadi lebih fresh. Jika masih mengantuk, lakukan push up beberapa kali sehingga membuat tubuh kembali bugar.  kalau tak mampu buatlah kegiatan fisik yang lebih ringan.

5. Hindari minum kopi secara berlebihan

Kafein yang terkandung dalam kopi dan minuman energi bukanlah solusi alami untuk membuat mata terjaga, karena kafein memanipulasi kerja sistem organ. Memang studi di jepang menyatakan Kafein dapat meringankan depresi dengan meningkatkan dopamin di otak. Minuman ini terbukti cukup efektif dalam menjaga ritme sepanjang malam. Tapi minuman kopi tidak dianjurkan dikonsumsi secara berlebihan. Jadikan kopi hanya sebagai minuman alternatif di saat kita melakukan aktifitas berlebih atau begadang.

author
No Response

Leave a reply "Menjaga kesehatan di saat begadang"