Minuman terbaik setelah berolahraga

No comment 819 views

susu-cokelat

Dagelan – Tingginya minat terhadap olahraga dan gaya hidup sehat di kalangan masyarakat modern mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Olahraga kini tidak saja dilakukan sebagai hobi, melainkan dijadikan sebagai gaya hidup. Menjaga tubuh tetap terhidrasi setelah berolahraga adalah kebutuhan penting untuk pemulihan otot dan dehidrasi.

Saat berolahraga, otot menjadi sangat sensitif untuk mengoptimalkan pemulihan otot. Tubuh berkeringat dan timbul rasa haus serta lelah. Dalam keadaan seperti ini, penting sekali untuk menjaga agar tubuh kita selalu terhidrasi.

Minum air putih sangat baik untuk mengganti cairan tubuh dan menghilangkan dehidrasi. Air juga akan membantu kita menjaga energi, stamina, dan massa otot.

Untuk tiap orang, baik aktif maupun tidak, air putih adalah minuman terbaik untuk mengembalikan stamina sebab air putih sangat mudah diserap dan memungkinkan proses rehidrasi dengan cepat.

Selain air putih, masih ada beberapa jenis minuman yang baik di konsumsi setelah berolahraga, yakni :

1. Susu cokelat

Susu cokelat dinilai dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Susu cokelat juga menjadi minuman terbaik setelah berolahraga karena memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang baik untuk pemulihan otot.

2. Minuman Jus buah

Sajian jus segar dan tidak disaring dalam jumlah yang normal (250-350 ml) seperti Jus tomat, jus berry, jus semangka dan cerry bisa membantu memulihkan dan meregangkan otot.  Selain menyegarkan, buah tersebut juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Hindari jus yang sarat gula, karena bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Kandungan air yang tinggi juga dapat menggantikan cairan yang hilang karena keringat, sehingga dapat mencegah dehidrasi. Selain itu susu cokelat juga mengandung kalsium tinggi, mengandung sodium yang rendah, dan gula yang dapat membantu untuk dehidrasi dan memulihkan energi.

3. Minuman isotonik

Minuman ini lebih tepat dikonsumsi pada saat olahraga, itupun hanya akan memberikan manfaat yang signifikan apabila olahraga yang dilakukan adalah olahraga yang berat, dengan durasi lebih dari 60 menit. Minuman yang dibuat dengan campuran gula, garam, dan air, juga bisa menjadi pengganti minuman isotonik.

 

 

author
No Response

Leave a reply "Minuman terbaik setelah berolahraga"