Pare Obat Untuk Diabetes

No comment 583 views

pare obat diabetes

Dagelan –  Buah pare merupakan tanaman merambat yang buahnya bergerigi dalam beberapa lajur. Sayuran pahit ini sudah sejak lama dimanfaatkan untuk masakan seperti disayur dan ditumis. Walau terasa pahit, namun banyak masyarakat yang percaya kalau pare berhasiat dan ternyata bisa menjadi obat herbal untuk diabetes.

Penelitian di laboratorium menunjukkan, Zat karatin pada pare berhasiat hipoglesemik (menurunkan kadar gula darah dan mengontrol kadar insulin). Ia terdiri atas senyawa sepsin stroid yang khasiatnya  lebih kuat dari pada tobutamida. Zat ini mentimulasi sel – sel b sehingga meningkatkan produksi hormon insulin, peningkatan sel-sel b kelenjer pankreas memperkuat hipogusemik buah pare.

Zat aktif charantin, alkaloid, dan peptida yang menyerupai insulin, merupakan zat-zat yang bermanfaat penting dalam pare. Zat tersebut juga memicu produksi protein yng mendorong penyerapan glukosa dalam darah.

Selain itu, charantin juga merangsang pertumbuhan sel beta pankres, organ yang memproduksi insulin. Pada pasien diabetes tipe 1, sel beta mereka mengalami kerusakan sehingga pankreas tidak bisa menghasilkan insulin.

Cara membuatnya :

1. 200 gr buah pare dicuci bersih lalu diblender. Tambahkan air minum secukupnya. Peras dengan spotong kain sampai terkumpul seperempat gelas. Hangatkan perasan dengan api kecil selama 15 – 30 menit. Setelah dingin kemudian diminum. lakukan setiap hari.

2. 200 gr buah pare dicuci lalu diiris – iris tipis. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas setelah dingin disaring. Minum, lakukan setiap hari, pasti nanti akan merasakan khasiatnya.

 

 

author
No Response

Leave a reply "Pare Obat Untuk Diabetes"