Pentingnya Menjaga Kesehatan Jantung

No comment 524 views

kesehatan-jantung-mu
DAGELAN FAMILY – Bagi sebagian besar orang, menjaga kesehatan jantung adalah hal yang sangat penting. Mereka melakukan apa saja untuk menjaga jantungnya tetap sehat, bahkan mengubah pola hidup dan pola makan mereka secara drastis. Tubuh yang sehat akan dapat melakukan banyak kegiatan, seperti; bekerja, belajar, bersosialisasi dengan orang lain, dan banyak hal lainnya. Tentu saja kita tidak menginginkan sesuatu yang buruk atau penyakit menyerang tubuh kita. Dan salah satu organ tubuh yang paling vital dan sangat penting untuk dijaga kesehatannya adalah jantung.

Tubuh manusia terdiri dari berbagai organ yang saling bersinergi satu dengan yang lainnya. Gangguan pada satu organ tubuh akan mengakibatkan organ tubuh yang lain tidak mampu bekerja secara maksimal. Dan jantung adalah salah satu organ yang sangat vital dan menjadi mesin kehidupan dalam tubuh manusia karena berfungsi sebagai pompa yang menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Bila kesehatan jantung terganggu tentunya dia tidak akan dapat bekerja secara normal, dan tentunya akan mengganggu organ tubuh yang lain karena aliran darah dalam tubuh terganggu.

Gangguan kesehatan pada jantung bisa terjadi pada siapa saja, orang tua dan muda, kurus dan gemuk, semuanya memiliki resiko terserang penyakit jantung. Namun memang orang gemuk lebih beresiko mengalami serangan jantung dibandingkan dengan orang yang bertubuh ideal atau kurus. Selain itu, penyakit jantung juga bisa terjadi karena faktor keturunan. Jika orang tua memiliki riwayat penyakit jantung maka keturunan mereka cendrung akan mengalami masalah yang sama.

Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat seseorang terkena resiko penyakit jantung:

1. Faktor usia dan jenis kelamin ~ Pria yang berumur dibawah 50 tahun lebih beresiko terserang penyakit jantung dibandingkan wanita pada kelompok umur yang sama.

2. Faktor keturunan ~ Seperti yang disebutkan sebelumnya, penyakit jantung bisa diturunkan oleh orang tua kepada anak-anaknya.

3. Karena penyakit diabetes ~ Orang yang menderita penyakit diabetes bisa mengalami penyakit jantung akibat komplikasi dari diabetes.

4. Karena merokok ~ Menurut penelitian, perokok aktif dan perokok pasif sama-sama memiliki resiko terserang penyakit jantung. Bahkan perokok pasif yang tinggal diantara para perokok aktif memiliki resiko lebih besar mengalami penyakit jantung.

5. Karena kegemukan (obesitas) ~ Jumlah lemak yang berlebihan dalam tubuh dapat mengakibatkan serangan jantung pada seseorang. Hal ini terjadi karena jaringan lemak yang terlalu banyak menghambat aliran darah, ini dapat meningkatkan resiko terserang penyakit jantung koroner.

6. Tekanan darah tinggi (hypertensi) ~ Tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan terhambatnya aliran darah dalam tubuh, inilah yang kemudian yang membuat resiko serangan jantung semakin tinggi.

7. Karena Stress Berlebihan (tekanan emosi) ~ Stress ternyata dapat mengakibatkan terjadinya penyempitan arteri. Stress berat yang dialami seseorang dapat mengakibatkan pecahnya dinding arteri, inilah pemicu serangan jantung.

8. Karena kurang olah raga ~ Penelitian mengatakan bahwa orang yang kurang bergerak memiliki resiko serangan jantung yang cukup besar. Ketika seseorang yang tidak pernah berolah raga kemudian melakukan kegiatan yang berat, misalnya jogging, bekerja keras di kebun, berolah raga berat di Gym, atau berolah raga berat lainnya, kemungkinan mengalami serangan jantung cukup besar.

author
No Response

Leave a reply "Pentingnya Menjaga Kesehatan Jantung"