Penyebab Orang Kecanduan Game

No comment 2207 views

game

Dagelan – Kecanduan game adalah masalah nyata yang dihadapi para orang tua, guru, dan mungkin pemainnya sendiri. Solusinya bukan menjauhkan mereka dari komputer atau gadget yang sering membuat mereka lupa waktu.

Sebaiknya Orang tua mulai membangun komunikasi yang aktif dan dua arah dengan anak mereka. Buat aturan saat bermain game. Ajak anak untuk melakukan kegiatan fisik seperti ikut klub olahraga, kursus ataupun les, atau juga hanya sekadar bermain dengan anak tetangga.

Selain faktor psikologis, konon katanya ada elemen fisiologis yang membuat seseorang menjadi kecanduan bermain game. Para peneliti di London pernah melakukan penelitian pada tahun 2005 dan menemukan bahwa tingkat dopamin di otak pemain naik dua kali lipat saat mereka bermain game.

Dopamin adalah hormon yang mengatur suasana hati yang berkaitan dengan perasaan senang. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa game benar-benar bisa menjadi adiktif.

Faktor lain yang membuat seseorang menjadi kecanduan game adalah karena rasa bosan, hubungan dengan anggota keluarga tidak harmonis, merasa terbuang di sekolah atau tidak diperhatikan di rumah.

Faktor-faktor itu membuat seseorang lebih mudah menjadi kecanduan game untuk mengisi kekosongan jiwa dan memenuhi kebutuhan yang tidak mereka dapat dari tempat lain.

author
No Response

Leave a reply "Penyebab Orang Kecanduan Game"