Penyebab Orang Suka Makanan Pedas

No comment 1047 views

masakan pedas

Dagelan – Berbicara tentang masakan pedas, tentunya erat sekali kaitannya dengan cabai. Cabai merupakan bahan yang banyak ditemukan dan digunakan dalam banyak masakan-masakan di Negara tropis. Secara ilmiah, hal ini terbentuk secara budaya karena bahan yang ada di dalam cabai terbukti bisa membunuh bakteri-bakteri jahat yang mudah berkembang di suhu yang hangat dan lembab.

Lalu, mengapa kebanyakan orang bisa tahan dan terus menikmati masakan pedas? Cabai sendiri memiliki zat yang bernama capsaicin, yang sebenarnya digunakan oleh tanaman untuk menghalangi serangga atau hewan lainnya yang ingin mengkonsumsi benih cabai. Capsaicin inilah yang membuat sensasi terbakar pada mulut dan lidah saat kita memakannya.

Reaksi panas dan sakit tersebut membuat otak kita secara spontan mengeluarkan hormon endorphins, yang berfungsi sebagai penangkal rasa sakit. Selain itu, endorphins juga menghasilkan perasaan senang. Sebab inilah kita bisa menjadi lebih bersemangat setelah memakan masakan pedas. Sensasi inilah yang membuat kita kembali untuk terus memakan masakan pedas. Namun tubuh kita harus membiasakan diri untuk menahan rasa panas dan sakit akibat makanan pedas tersebut.

Untuk meredakan atau menghilangkan rasa pedas, janganlah kita menggunakan air putih. Namun gunakanlah susu, yogurt, minuman beralkohol, atau pun selai kacang untuk menetralisir rasa pedas dari makanan atau masakan-masakan yang kita konsumsi.

author
No Response

Leave a reply "Penyebab Orang Suka Makanan Pedas"