Pesona Batu Pandan

No comment 1763 views

Dagelan – Indonesia memang memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah salah satunya yakni batu mineral atau biasa disebut dengan batu akik. Batu yang biasa ditemukan diberbagai daerah di Indonesia merupakan potensi yang dimiliki oleh nusantara. Selain beberapa daerah seperti Maluku, Sumatra, Kalimantan dan daerah lainnya. Ternyata Jakarta juga memiliki batu akik dengan ciri khas yakni batu akik pandan yang sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu.

Batu akik pandan ini juga memiliki banyak sekali jenis dan coraknya seperti batu pandan sutra, pandan nanas, pandan suji, pandan kapas dan pandan lumut. Selain jenis batu pandan, Jakarta juga memiliki banyak jenis batu akik seperti jenis ati ayam dengan ciri khas warna merah tua, badar asem dan batu akik wulung yang tersohor sebagai jimat para jawara Betawi. Namun belum mengalahkan pesona batu pandan itu sendiri. Karena ciri klhas batu pandan memang sangat unik.

Kualitas batu akik panda cukup baik karena memiliki tingkat kekerasan mencapai 7 skala mohs atau sama dengan batu bacan yang sangat tersohor dikalangan pecinta batu permata mulia. Oleh sebab itu wajar jika pesona batu pandan ini bisa dikatakan akan terus melambung namanya.

Khasiat Batu Akik Pandan

Adapun khasiat yang dimiliki batu pandan dipercayai sebagian masyarakat diantaranya digunakan sebagai daya tarik atau pengasihan baik itu wanita ataupun pria, dipercayai bisa menambah keharmonisan dalam rumah tangga dan pertemanan dalam pencarian relasi kerja/bisnis. Selain secara psikis batu pandan dipercaya sebagai media untuk pengobatan diantaranya untuk membantu meringankan beberapa penyakit seperti penyakit yang berkenaan dengan pencernaan, ginjal, paru-paru, asma, panyakit tulang dan lain-lain.

Pada dasarnya Batu Pandan itu Hanya ada 1 jenis, namun kenapa menjadi banyak macamnya, itu dikarnakan terdapat banyak macam jenis seratnya yg beraneka ragam, sehingga dari macam jenis seratnya itulah timbul nama-nama batu pandan seperti berikut
Jenis sisik atau serat batu pandan ada 3 macam :

Jenis Serat Sisik (seperti sisik ikan atau gumpalan awan, yg kemudian dikenal sebagai BATU PANDAN)
Jenis Serat Benang ( seperti serat pada kain, yg kemudian dikenal sebagai BATU PANDAN SUTRA)
Jenis Serat Kabut (seperti asap atau kabut, yg kemudian dikenal sebagai BATU PANDAN SUJI).
Terlepas dari kepercayaan orang mengenai batu akik pandan yang memiliki aneka jenis yang beragam, juga cocok digunakan untuk perhiasan seperti mata cincin, kalung, dan liontin ataupun jenis yang lainnya. Nah itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai batu akik pandan, semoga dapat memberikan wawasan bagi kita semua mengenai batu akik pandan.

Demikianlah yang bisa kami sampaikan pada laman khusus liputan batu akik pada kesempatan kali ini. Semoga saja apa yang telah kami paparkan memberikan nilai manfaat, khusus manfaat dalam menjaga keaneka ragaman budaya di bumi Indonesia ini. Sebelumnya kami juga telah membahas mengenai jenis batu akik terbaik dan membedakan batu akik asli dan palsu, yang tidak kalah bermanfaat dengan bahasan kita kali ini.

author
No Response

Leave a reply "Pesona Batu Pandan"