Pesona Indah Gugusan Pulau Karang Pianemo

No comment 1851 views

surga pianemo

Dagelan – Raja Ampat merupakan salah satu kawasan di Papua Barat yang memang menawarkan berjuta keindahan bawah laut dengan ragam flora dan faunanya yang sangat mempesona beserta indahnya gugusan pulau karang. Salah satu gugusan pulau karang tersebut adalah Pianemo.

Di Pianemo inilah terdapat pulau-pulau karang yang sangat indah dan menakjubkan dengan aneka ukuran yang ada dalam satu kawasan luas. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai “Wayag Kecil”.

Dari ibukota Kabupaten Raja Ampat, Waisai, perjalanan ke Pianemo bisa ditempuh sekitar dua hingga tiga jam dengan menggunakan speedboat, tergantung keadaan ombak. Selama perjalanan, lautan biru menghampar seperti tak terbatas. Beberapa kali diselingi siluet pulau berbukit hijau, hutan perawan, dan burung terbang menukik memburu ikan.

Bukit-bukit karang terjal yang di atasnya ditumbuhi pepohonan seakan menyambut para wisatawan yang memasuki Pianemo. Gugusan pulau karang kecil di sini umumnya tak berpenghuni. Ada tiga bukit yang biasa dijadikan jalur trek di sini. Bukit berketinggian sekitar 15 meter di Tanjung Bintang, Bukit Gundul yang tingginya sekitar 30 meter, dan yang paling tinggi 40 meter.

 Destinasi wisata Pianemo di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat memang telah menghipnotis wisatawan dari berbagai penjuru negara. Untuk melihat panorama bahari ini, wisatawan harus menaiki 320 anak tangga, sebelum akhirnya rasa capek hilang setelah melihat keindahan Pianemo dari atas.

Setelah tiba di puncak Bukit Pianemo, pemandangan indah pun terhampar di hadapan. Gugusan pulau karang yang melingkar seakan membentuk laguna hijau di tengah birunya samudera. Di kejauhan, laut tampak keemasan karena pantulan sinar matahari.

pianemo

Salah satu titik keindahan landscapenya memadukan birunya laut dan vegetasi hijau pada gugusan bukit karst yang terhampar di Pianemo. Gugusan pulau karst yang ada di Pianemo menghadirkan pemandangan yang tak kalah indah layaknya Wayag, gugusan bukit karst yang menjadi ikon Raja Ampat dan lebih dikenal wisatawan. Karena bentuk gugusan pulau karang di Pianemo lebih kecil maka banyak orang yang menyebut Pianemo sebagai “mini Wayag”.

Biasanya, perjalanan ke Pianemo sudah sepaket dengan paket wisata yang ditawarkan biro perjalanan. Namun, bisa juga menyewa speedboat dengan biaya yang tidak murah yakni sekitar Rp500.000 untuk naik kapal dan Rp300.000 untuk speedboat.

Saat yang tepat untuk mendatangi Pianemo adalah di waktu pagi. Selain cuaca yang tidak terlalu terik, keindahan Pianemo sewaktu bermandikan mentari yang menambah keindahan Pianemo di waktu pagi.

Ingin mengunjungi Destinasi wisata Pianemo? siapkan kantong anda karena wisata ke destinasi ini memang terbilang cukup mahal !

 

author
No Response

Leave a reply "Pesona Indah Gugusan Pulau Karang Pianemo"