Prancis Tim Pertama yang lolos ke Babak 16 besar

timnas prancis

Dagelan – Tuan rumah Perancis memastikan dirinya menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar usai meraih Kemenangan  2-0 atas Albania dalam lanjutan penyisihan Grup A Piala Eropa 2016, Rabu (15/6/2016). Kedua gol yang tercipta diukir oleh Antoine Griezmann dan Dimitri Payet. Dengan hasil ini, untuk sementara Prancis berada di puncak klasemen Grup A dengan koleksi enam poin. Swiss ada di peringkat dua dengan koleksi empat poin, Rumania satu poin, sementara Albania nol.

Kemenangan yang diraih Les Bleus tidaklah mudah. Mereka harus menghadapi pertahanan rapat Albania sepanjang laga dan baru bisa mencetak gol di menit-menit akhir. Pelatih Prancis, Didier Deschamps mengubah preferensi formasi tim. Sang pelatih justru mencadangkan Paul Pogba dan Antoine Griezmann dan memainkan formasi 4-2-3-1. Anthony Martial dan Kingsley Coman ditempatkan sebagai sayap, sementara Dimitri Payet di belakang Olivier Giroud.

Selama laga berlangsung, Prancis terlihat mendominasi permainan dengan penguasaan bola sebanyak 59 persen. Namun mereka baru bisa mencetak gol pada pengujung laga babak kedua.

Adapun Total peluang yang dimiliki tim Ayam Jantan sebanyak 22 kali percobaan, berbanding terbalik dengan Albania yang hanya memiliki tujuh peluang. Namun, eksekusi 20 peluang pertama Perancis menjadi penyebab sulitnya Les Blues mendapatkan gol. 10 percobaan Perancis melenceng, termasuk satu peluang melalui tandukan Olivier Giroud yang membentur tiang gawang dan 10 lainnya berhasil diblok bek Albania.

Gagalnya Prancis dalam menciptakan gol membuat Deschamp menarik Anthony Martial dan menggantinya dengan Pogba, serta mengganti Coman dengan Antoine Griezmann untuk menambah daya serang tim dan kekuatan lini tengah. Dengan formasi 4-3-3 Prancis terus menggempur pertahanan Albania, namun pertahanan Albania masih sulit untuk ditembus.

Albania justru mencatatkan peluang perdana setelah jeda turun minum. Memushaj menyambut umpan lambung rekannya dan menanduk bola ke arah gawang Lloris. Sang kiper sudah tertipu, tapi bola masih membentur mistar, lalu memantul keluar.

antoine-griezmann-france-euro

Di akhir babak kedua, Prancis mendapatkan peluang. Sepakan tepat sasaran pertama didapat Griezmann pada menit ke-90. Penyerang milik Atletico Madrid itu berhasil menyambut umpan silang Adil Rami dengan tandukan di depan gawang Albania tanpa kawalan hingga berbuah gol.

Di menit tambahan, Payet berhasil mengunci kemenangan Les Bleus. Umpan jauh Pogba disambut oleh Andre-Pierre Gignac, kemudian diberikan pada Payet. Lalu sang winger West Ham United mampu melepaskan sepakan ke sudut gawang Albania setelah memperdayai dua pemain bertahan Albania.

Hasil ini membuat Perancis berada di puncak klasemen grup A. Namun, Les Blues belum bisa memastikan diri sebagai juara Grup A sebelum laga penentuan menghadapi Swiss pada Minggu (19/6/2016).

Susunan pemain:

Prancis: 1-Hugo Lloris, 19-Bacary Sagna, 3-Patrice Evra, 4-Adil Rami, 21-Laurent Koscielny, 14-Blaise Matuidi, 8-Dimitri Payet, 5-N’Golo Kante, 9-Olivier Giroud (10-Andre-Pierre Gignac 77′), 11-Anthony Martial (15-Paul Pogba 45′), 20-Kingsley Coman (7-Antoine Griezmann 68′).

Pelatih: Didier Deschamps.

Albania: 1-Etrit Berisha, 7-Ansi Agolli, 15-Mergim Mavraj, 3-Ermir Lenjani, 4-Elseid Hysaj, 18-Arlind Ajeti (6-Frederic Veseli 85′), 13-Burim Kukeli (14-Taulant Xhaka 74′), 2-Andi Lila (21-Odhise Roshi 71′), 22-Amir Abrashi, 9-Ledian Memushaj, 10-Armando Sadiku.

Pelatih: Giovanni De Biasi.

Wasit: William Collum.

 

 

 

 

 

 

 

 

author
No Response

Leave a reply "Prancis Tim Pertama yang lolos ke Babak 16 besar"