Samsung ungkap penyebab ledakan Note 7

No comment 685 views

1

Dagelan – Setelah menjadi misteri cukup lama dengan diikuti dilakukannya berbagai investigasi dan penelusuran tentang penyebab ledakan Samsung Note 7, akhirnya vendor asal Korea tersebut mengungkap penyebab ledakan ledakan sang flagship. Samsung mengungkapkan kesalahan ini terjadi di baterai, bukan di ponselnya.

Samsung menyatakan investigasinya melibatkan 700 staff yang menguji 200 ribu ponsel serta 30 ribu baterai tambahan. Investigasi ini melibatkan  tiga perusahaan eksternal yakni UL, Exponent, dan TUV Rheinland.

“Ini adalah krisis yang sangat menyakitkan bagi saya, ini adalah peregangan terburuk selama 33 tahun bersama perusahaan ” ungkap DJ Koh, Samsung Mobile Head seperti dikutip dari GSMArena, Senin (23/1/2017).

Menurut hasil investigasi, permasalahan terjadi pada baterai tahap pertama besutan Samsung SDI yang memiliki cacat desain di sudut kanan atas yang membuat elektroda baterai rentan tertekuk atau bermasalah. Itu berisiko membuat pembatas antara elektroda positif dan negatif rusak dan menimbulkan korsleting.

Dengan banyaknya kasus Note 7 yang meledak di berbagai Negara, Samsung kemudian melakukan tindakan recall dan mengganti baterainya. Sayangnya, baterai pengganti dari pemasok terpisah ini ternyata mengalami masalah dalam proses pembuatannya yang juga memicu baterai mengalami hubungan pendek dan terbakar.

Adanya rentetan peristiwa beruntun tersebut membuat Samsung akhirnya melakukan keputusan dilematis yaitu menghentikan sepenuhnya produksi serta penjualan Note 7 menjelang akhir tahun 2016 lalu.

Samsung menyatakan desain Note 7 sendiri aman dan tidak menyebabkan masalah di kedua baterai dari pemasok berbeda itu. Isu yang terjadi di baterai pengganti adalah karena pemasok mencoba terlalu cepat meningkatkan produksi baterai.

author
No Response

Leave a reply "Samsung ungkap penyebab ledakan Note 7"