Sat Reskrim Polres Bandung Tangkap Sindikat Pemalsu Materai

barang bukti materai palsu

Dagelan – Sebanyak 2.000 materai tempel palsu atau sekitar 38 lembar yang tiap lembarnya terdiri dari 50 meterai tempel berhasil diamankan Jajaran Sat Reskrim Polres Bandung. Adapun 4 orang pelaku yang merupakan sindikat pemalsuan dan penjualan materai palsu yang beredar di Bandung dan Jakarta yakni UK, HS, ZF, dan IS kini sudah ditetapkan menjadi tersangka dan dijebloskan ke sel tahanan Mapolres Bandung.

Kasat Reskrim Polres Bandung AKP Niko Adi Putra mengungkapkan peredaran materai palsu ini berdampak pada kerugian negara. Sebab tindakan memalsukan meterai ini membuat tidak adanya biaya pajak yang masuk ke dalam kas keuangan negara.

“Tentunya hal ini berdampak pada kerugian negara, karena tidak ada masukan pajak sehingga hal ini akan menghambat pembangunan nasional,” ungkap AKP Niko di Mapolres Bandung, Senin (1/8/2016).

Menurut AKP Niko, pihaknya belum bisa memastikan berapa kerugian negara yang diakibatkan dari tindak pemalsuan ini. Ribuan meterai tempel tersebut telah berhasil diamankan oleh kepolisian dari tangan pelaku sebagai barang bukti.

“Penyebarannya mencakup wilayah Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Bogor, Kabupaten Garut, bahkan hingga ke Jakarta,” jelas AKP Niko.

Kini pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan polres lainnya baik yang berada di daerah maupun di luar Polda Jabar. Para tersangka tersebut dijerat dengan pasal 357 dan atau 353 KUHPidana tentang pemalsuan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.

 

 

 

author
No Response

Leave a reply "Sat Reskrim Polres Bandung Tangkap Sindikat Pemalsu Materai"