Sate Gurita

No comment 1648 views
Sate Gurita

Sate Gurita

Bagi para pecinta ‘wisata lidah’ sajian sate dari daging sapi, kambing, ayam, bebek, kelinci, atau ikan tentu sesuatu yang biasa. Tapi sate gurita, mungkin merupakan sesuatu yang istimewa.

Ya, di Bali, sate gurita memang tergolong istimewa. Selain karena rasanya, tentu karena ketersediaan bahan bakunya yang langka. Di seantero Bali, tak banyak ditemui warung atau rumah makan yang menyediakan sate gurita.

Satu di antara yang sedikit itu adalah Warung Mek ‘D’ yang terletak di jalan raya antara Kota Karangasem dan Pantai Tulamben. Persisnya di Dusun Labasari, Desa Abang, Karangasem, Bali. Di warung itu, tidak hanya sate yang tersedia melainkan juga rawon gurita.

Dan, penganan ini sudah disajikan oleh Ni Made Ririp, sang pemilik warung, sejak lebih dari sepuluh tahun. Sepintas sate gurita yang disajikan tampak seperti sate ikan biasa.

Bentuk dan ukurannya nyaris tak ada bedanya.

Tapi, begitu anda mencobanya, anda akan mendapatkan sensasi rasa yang sangat berbeda. Dalam baluran bumbu rempah-rempah,rasa daging gurita menyerupai daging cumi-cumi terasa begitu nikmat.

Di dalam mulut, kekenyalan daging gurita yang khas seolah menendang bumbu yang lezat itu ke kiri-ke kanan sehingga seluruh rongga mulut dapat merasakannya. Sepintas, tampilan dan rasa bumbu sate gurita Made Ririp persis dengan bumbu Sate Padang. Bumbu itu berbasis tepung dan aneka rempah yang selain terasa gurih juga ‘membunuh’ rasa amis pada gurita.

Gurita-gurita tersebut, menurut Ririp, merupakan hasil tangkapan nelayan di wilayah Karangasem dan Buleleng. Untuk membuat sate gurita, mula-mula daging gurita segar direbus hingga matang. Setelah didinginkan daging itu dipotong kecil-kecil lalu ditusuk dengan lidi bambu. Setiap tusuk terdiri dari empat potong daging gurita. Setelah itu, barulah daging tersebut dipanggang di atas bara api.

 

 

Salam Kasih Keluarga Kuliner

 

 

author
Hotelier | Hotel & Property Management | Tourism Care | Education Consultant | Car,Culinaire & Coziness | Food Lovers |
No Response

Leave a reply "Sate Gurita"